Begini Cara Tentukan Arah Kiblat saat Matahari Tepat di Atas Ka'bah

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 27 Mei 2020 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 27 614 2220188 begini-cara-tentukan-arah-kiblat-saat-matahari-tepat-di-atas-ka-bah-wHrnSERleE.JPG Ilustrasi (Foto: Kemenag.go.id)

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan pada Rabu 27 Mei dan Kamis 28 Mei 2020 matahari akan berada tepat di atas Ka'bah. Oleh sebab itu, umat Islam diminta untuk meninjau atau mengecek kembali arah kiblat dengan berbagai cara.

"Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tentukan arah kiblat," ujar Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU), KH. Sirril Wafa saat berbincang dengan Okezone, Rabu (27/5/2020).

Cara untuk menentukan arah kiblat antara lain sebagai berikut:

1. Menghitung sudut arah kiblat untuk lokasi tertentu, lalu mengukurnya dengan bantuan teodolit atau alat bantu lainnya melalui bayangan matahari pada jam-jam yang diinginkan.

"Dihitung khusus untuk menentukan posisi azimuth matahari terlebih dahulu, agar ditemukan titik arah mata angin sejati. Lalu dari titik acuan, misalnya dari titik barat, diarahkan ke angka sudut arah kiblat yang sudah dihiting lebih dahulu. Cara ini memerlukan keahlian tersendiri," terangnya.

Baca juga: Cek Arah Kiblat, 27 dan 28 Mei Matahari Tepat di Atas Ka'bah

Ilustrasi

2. Menggunakan kompas untuk mencari arah mata angin. Hal ini relatif mudah dan cepat ditemukan dibanding cara yang pertama, sebab petunjuk arah mata angin melalui kompas hasilnya masih sangat kasar. Apalagi tanpa koreksi variasi magnet.

3. Melaui cara checking bayangan matahari saat melintas di atas Ka'bah yang terjadi 2 kali dalam setahun. Tepatnya pada 27 atau 28 Mei, dan 14 atau 15 Juli.

"Cara ini jauh lebih mudah dan bisa dilakukan siapa saja secara serentak, serta di mana saja sesuai zona waktu yang jadi acuan. Hanya saja dengan catatan, sesuaikan jam yang digunakan dengan jam standar. Misalnya dari BMKG atau RRI," ucapnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Catatan Lembaga Penerbangan dan Antaraiksa Nasional (LAPAN) menyebutkan, dalam setahun, matahari bergerak semu dari posisi 23,5 derajat Lintang Selatan (LS) ke 23,5 derajat Lintang Utara (LU). Akibat gerak semu ini, pada tanggal tertentu matahari tepat berada di atas suatu bangunan atau kota yang posisinya berada di antara 23,5 LS ke 23,5 derajat LU.

Posisi Ka'bah berada pada 21 derajat 25' 21" LU dan 39 derajat 49' 34" Bujur Timur sehingga dalam setahun matahari akan tepat berada di atas Ka'bah sebanyak dua kali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya