Menentukan Arah Kiblat Sesuai Panduan Rasulullah

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 27 Mei 2020 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 27 614 2220226 menentukan-arah-kiblat-sesuai-panduan-rasulullah-iwklnTsh3M.JPG Ka'bah di Makkah, Arab Saudi, kiblat umat Islam di seluruh dunia (Foto: Okezone.com/Salman Mardira)

KIBLAT jadi hal paling penting bagi umat Islam, yakni sebagai petunjuk arah menghadap Ka'bah yang terletak di Makkah, Arab Saudi ketika menjalankan sholat. Lalu bagaimana menentukan kiblat sesuai syariat Islam?

Dikutip dari buku 'Bimbingan Islam untuk Hidup Muslimah' halaman 83, karya DR. Ahmad Hatta, MA, terdapat lima tuntunan bagi orang yang sedang mencari arah kiblat, yaitu:

1. Umat Islam yang berada di Masjidil Haram kiblatya adalah Ka'bah itu sendiri.

2. Namun bagi yang berada jauh dari Ka'bah, baik di dalam Kota Makkah maupun di luarnya, maka kiblatnya adalah arah Ka'bah. Nabi Muhammad SAW, bersabda:

“Antara Timur dan Barat adalah kiblat.” (Tirmidzi, 2/344, hadits hasan shahih).

3. Jika arah kiblat tidak diketahui maka wajib berusaha mencari tahu, baik dengan bertanya maupun mengira-ngira dimana tepatnya arah kiblat berada. Kemudian, ia dapat melaksanakan sholat ke arah yang diduga kuat sebagai kiblat, dan hukumnya sah.

Baca juga: Roshdul Qiblat, PBNU Serukan Umat Islam Besok Cek Arah Kiblat

Allah SWT berfirman:

وَلِلَّهِ ٱلْمَشْرِقُ وَٱلْمَغْرِبُ ۚ فَأَيْنَمَا تُوَلُّوا۟ فَثَمَّ وَجْهُ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

Wa lillāhil-masyriqu wal-magribu fa ainamā tuwallụ fa ṡamma waj-hullāh, innallāha wāsi'un 'alīm

Artinya: "Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui" (QS. Al Baqarah ayat 115.

Namun apabila arah kiblat yang diduga adalah salah, maka tidak harus mengulangi sholatnya. Tapi jika sebelumnya diberi tahu arah kiblat yang benar, sementara ia tengah melaksanakan sholat, ia langsung mengikuti arah kiblat yang benar tanpa mengulangi sholatnya dari rakaat pertama.

Ilustrasi

Ali bin Abi Thalib pernah berkata: "Orang yang berusaha mengetahui arah yang benar, adalah arah yang diduga kuat." (asy-Syarkhasi, al-Mabsuth, 1/215).

4. Ketika melaksanakan sholat sunah di atas kendaraan, diusahakan menghadap kiblat. Namun jika tidak bisa, ia boleh menghadap ke arah kendaraan menghadap.

Baca juga: Cek Arah Kiblat, 27 dan 28 Mei Matahari Tepat di Atas Ka'bah

Sebagaimana dulu Rasulullah SAW juga pernah melakukan sholat sunah ke arah kendaraannya menghadap. Namun tidak melakukannya untuk salat wajib. (Shahih Bukhari, 1/1046).

5. Melaksanakan sholat wajib diharuskan untuk turun terlebih dahulu dari kendaraan. Namun, jika tidak memungkinkan (masyaqah), seperti dalam perjalanan jauh dengan pesawat, kereta api atau karena sakit maka diperbolehkan melakukan seperti halnya dalam sholat sunah tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Hal ini dianalogikan dengan sholat wajib dalam keadaan takut (khauf). (Zuhaily, al-Fiqhu al-Islami wa Adillatuhu, 1/609).

Sementara itu, dikutip dari video ceramah dai kondang, Ustadz Adi Hidayat menjelaskan, apabila seseorang jauh dari Ka'bah atau sedang berada di tempat lain, maka ketika hendak sholat bisa ditentukan sesuai arah kiblat yang diyakini.

"Apabila semakin jauh, tidak pas ke arah Ka'bah, karena tidak mudah menentukan langsung ke titik Ka'bah, sepanjang menyentuh Masjidil Haram, maka sah hukumnya menjadi bagian dari kiblat. Semakin jauh lagi, yang terpenting masuk wilayah Al Haram-nya, maka sah juga hukumnya," katanya.

Kemudian, di zaman teknologi canggih saat ini arah kiblat dapat ditentukan dengan mudah yaitu menggunakan kompas atau aplikasi di smartphone yang sudah banyak tersedia.

Namun ada cara yang lebih mudah lagi untuk mennetukan arah kiblat, yakni dengan melihat arah matahari. Sebagaimana diketahui, bahwa matahari terbit dari timur dan tenggelam ke arah barat. Apabila sudah mengetahui ke arah mana kiblat dari posisi saat ini, maka seseorang dapat berpatokan pada arah matahari berada.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya