Berbagi Kebahagiaan Idul Fitri Melalui Karnaval Seni di Arab Saudi

Rizka Diputra, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 02:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 01 614 2222935 berbagi-kebahagiaan-idul-fitri-melalui-karnaval-seni-di-arab-saudi-RSuWjSN7vS.JPG Karnaval seni Idul Fitri di Arab Saudi (Foto: Saudigazette)

PUSAT Budaya Dunia Raja Abdul Aziz (Ithra) menandai perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah tahun ini dengan parade penuh warna. Parade itu dilakukan di sejumlah ruas jalan di lima kota di Provinsi Timur, yakni Khobar, Dammam, Dhahran, Qatif dan Sihat.

Perayaan Idul Fitri tahun ini di Arab Saudi sedikit terganggu imbah pandemi virus corona atau Covid-19. Penerapan protokol kesehatan seperti tetap menjaga jarak sosial membuat perayaan hari kemenangan begitu terasa berbeda.

Meski begitu, Ithra memutuskan untuk menggelar parade perayaan Idul Fitri yang bisa dinikmati bersama keluarga. Melansir dari laman Saudigazette, parade ini menampilkan gerobak berdekorasi penuh warna yang membawa band, musisi yang membawakan lagu-lagu dan tarian tradisional Arab.

Baca juga: Begini Cara Muslim Ukraina Rayakan Idul Fitri

Selama empat pekan, mereka akan melintasi jalan-jalan di 32 distrik. Dalam perjalanannya, para peserta parade ini disambut meriah oleh masyarakat dari jendela dan pintu-pintu rumah mereka.

Karnaval Seni Saudi

Parade ini diikuti oleh sebagian besar anggota teater yang menampilkan seni musik dan tari. Salah satunya ada gerobak Ardha yang berisi delapan penari yang piawai menyuguhkan tarian tradisional Saudi. Mereka berasal dari kelompok Ardha Nasional Saudi.

Pertunjukan ini sebenarnya mewakili tradisi lama di mana penduduk setempat menggunakan perahu untuk menyelam sebelum menemukan minyak di Provinsi Timur. Peserta parade memilih menjalankan misi mereka untuk menyebarkan kegembiraan Idul Fitri pada saat yang sangat dibutuhkan.

Baca juga: WNI di Amerika Rayakan Idul Fitri dengan Makanan Khas Indonesia

"Demi menyatukan hati bangsa, dan memberikan kesenangan kolektif melalui inisiatif luar biasa yang menghormati batasan saat ini. Parade ini adalah bagian dari kontribusi langsung terhadap (masyarakat terdampak) pandemi Covid-19," demikian pernyataan Ithra.

(put)

1
1
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini