Pasangan Mualaf Tak Perlu Menikah Ulang Secara Islam

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 02 614 2223262 pasangan-mualaf-tak-perlu-menikah-ulang-secara-islam-unV2hDNCzf.JPG Khalid Wilhelm Ott bersama istrinya mengulang prosesi pernikahannya secara Islam (Foto: Instagram/@willi.ott.148)

PETARUNG Mixed Martial Arts (MMA), Khalid Wilhelm Ott beberapa waktu lalu meresmikan pernikahannya kembali dengan istrinya Michelle Birringer secara Islam setelah ia jadi mualaf, di Traiskirchen tepatnya di Kantor Pusat Federasi Islam Traiskirchen sekitar 20 kilometer (km) dari Ibu Kota Wina, Austria.

Kabar ini dibagikannya sendiri oleh Ott di akun instagramnya @willi.ott.148, mereka melangsungkan pernikahan setelah Ramadhan 1441 Hijriah lalu.

Baca juga: Jadi Mualaf, Petarung MMA Ini Ulang Pernikahannya Secara Islam

"Assalamu'alaikum warahmatullah wa barakatuh. Satu hari yang indah setelah yang lain mengikuti. Setelah Ramadhan hari ini adalah pernikahan kami di Federasi Islam di Traiskirchen. Itu tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Terima kasih semua. Sebagai hadiah pernikahan, kami menerima perjalanan Umroh dari Islamic Federation Traiskirchen. Allahu akbak. Pengiring pengantin kami @burak_kzlrmk dan @betton_karabulut," tulis Ott.

Ott bersama istrinya

Unggahan fotonya tersebut, memperlihatkan pasangan mualaf ini mengenakan pakaian pengantin. Ott memakai stelan jas biru dongker, sementara Michelle menggunakan gaun putih dan disertai hijab di kepalanya.

Terkait fenomena tersebut, Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan Jakarta Islamic Centre (JIC), Ustadz Rakhmad Zailani Kiki mengatakan, pasangan suami istri yang sudah jadi mualaf tidak perlu melangsungkan pernikahannya kembali secara Islam.

"Merujuk kepada pendapat jumhur fuqaha (mayoritas ulama fiqih), jika pasangan suami istri non-muslim masuk Islam menjadi mualaf tidak perlu melakukan nikah ulang (secara Islam). Pernikahan mereka berdua sebelum Islam sah akadnya menurut Islam," ujarnya saat berbincang dengan Okezone, Selasa (2/6/2020).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ustadz Rakhmad mengatakan, hal tersebut dibenarkan oleh mayoritas madzhab. Bahwa pasangan mualaf tidak perlu melangsungkan pernikahannya kembali, yakni secara Islam seperti yang dilakukan oleh Khalid Wilhelm dan Michelle Birringer.

Lebih lanjut, apa yang dilakukan oleh Khalid Wilhelm dan Michelle Birringer bisa dikatakan hanya sebagai formalitas saja, bahwa saat ini mereka adalah resmi menjadi muslim.

"Iya, tidak jadi masalah, mereka (menikah lagi secara Islam) sekadar formalitas," terangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya