Kiat Mengajak Orang Lain Menjalankan Sunah

Hantoro, Jurnalis · Rabu 03 Juni 2020 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 02 616 2223555 kiat-mengajak-orang-lain-menjalankan-sunah-e1cdy7s21H.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

USTADZ Khalid Basalamah mengajarkan bagaimana bisa mengajak orang lain ikut menjalankan sunah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Kiatnya adalah harus menggunakan langkah yang lebih santun, lebih ramah, dan lebih baik dari sebelumnya.

"Setelah ikut pengajian, harus menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. Kalau sudah ikut pengajian, ada orangtua harus lebih berbakti, lebih santun, lebih ramah, lebih royal, lebih semuanya, karena kita tahu itu ibadah," ungkap Ustadz Khalid Basalamah, seperti dikutip dari akun Instagram-nya, Selasa (2/6/2020). 

 

Ia mengatakan tidak boleh langsung memaksa orang lain harus ikut menjalankan sunah. Sebaiknya menggunakan cara yang lebih lembut dan tidak tergesa-gesa.

Ustadz Khalid Basalamah pun mencontohkan ketika mengajak orangtua yang belum menjalankan sunah, wajib dengan kelemahlembutan dan tetap berbakti.

"Ini masalah. Bagaimana caranya diubah dengan langsung begitu? Harusnya lebih santun dan ada skala prioritas," jelasnya.

Misalnya ada orangtua yang tidak menunaikan sholat. Bagian tidak sholat itulah yang lebih dulu diperbaiki.

"Mungkin orangtua kita tidak sholat. Nah, tidak sholatnya dulu ini yang diperbaiki. Pelan-pelan. Karena kalau keimanan sudah masuk dalam hati, dia akan mengubah semuanya. Tidak bisa orang spontanitas," paparnya. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Mengutip dari Muslim.or.id, banyak keutamaan ketika umat Islam menjalankan sunah. Dari ‘Amr bin ‘Auf bin Zaid al Muzani Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ أَحْيَا سُنَّةً مِنْ سُنَّتِى فَعَمِلَ بِهَا النَّاسُ كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا لاَ يَنْقُصُ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا

Artinya: "Barang siapa yang menghidupkan satu sunah dari sunah-sunahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun." (HR Ibnu Majah (no. 209), pada sanadnya ada kelemahan, akan tetapi hadits ini dikuatkan dengan riwayat-riwayat lain yang semakna, oleh karena itu syaikh al-Albani menshahihkannya dalam kitab “Shahih Ibnu Majah” (no. 173).

Hadis yang agung tersebut menunjukkan keutamaan besar bagi orang yang menghidupkan sunah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, terlebih lagi sunah yang ditinggalkan banyak orang.

Sementara Imam Ibnu Majah mencantumkan hadis tersebut dalam kitab 'Sunan Ibnu Majah' pada Bab: '(Keutamaan) orang yang menghidupkan sunah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang telah ditinggalkan (manusia).' (Kitab 'Sunan Ibnu Majah' 1/75).

Imam Muhammad bin Ismail al Bukhari berkata, "Seorang Muslim yang paling utama adalah orang yang menghidupkan sunah-sunah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang telah ditinggalkan (manusia), maka bersabarlah wahai para pencinta sunah (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam), karena sesungguhnya kalian adalah orang yang paling sedikit jumlahnya (di kalangan manusia)." (Dinukil oleh Imam al Khatib al Baghdadi dalam Kitab Al-Jaami' Li Akhlaaqir Raawi 1/168).

View this post on Instagram

MENGAJAK KEPADA SUNNAH . Berlomba-lomba dalam kebaikan dengan share, tag, mention ke orang lain. 1 orang yang tau ilmu karena info dari kamu, insyaAllah bernilai pahala karena mengajak kepada kebaikan. Video lainnya silahkan klik link di bio. Kami juga mengajak ikhwah fillah untuk berpartisipasi menjadi muhsinin atau donatur dengan cara transfer melalui : Donasi INSO, Infaq Sodaqoh, (Muamalat 1240055555 a.n Khalid Basalamah Yys, BRIS 1035208287/5555 a.n Yayasan Khalid Basalamah) dengan Kode 6. Contoh 1.000.006 #khalidbasalamahofficial #khalidbasalamah #ustadzkhalid #ustadzkhalidbasalamah #khalidzeedbasalamah #salafi #corona #coronaindonesia #covid_19 #coronasolution #dirumahaja

A post shared by Khalid Z.A Basalamah (@khalidbasalamahofficial) on

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya