Gerakan Zakat Perlu Beradaptasi agar Bertahan di Era New Normal

Rizka Diputra, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 614 2229192 gerakan-zakat-perlu-beradaptasi-agar-bertahan-di-era-new-normal-dG2cTMjLmr.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

MESKI pandemi virus corona atau Covid-19 masih mewabah, pemerintah justru bersiap menyambut era kenormalan baru atau new normal. Perubahan kebiasaan dan perilaku pun muncul sebagai upaya adaptasi sosial masyarakat terhadap kehadiran virus yang hingga kini belum ditemukan obat dan vaksinnya itu.

Kondisi ini turut memengaruhi dunia zakat di Tanah Air. Mau tidak mau, dunia zakat harus bergegas menyesuaikan alias berdaptasi geliatnya demi menyongsong era new normal.

"Gagasan yang sekarang berkembang yaitu memenangkan fundraising zakat di era new normal. Sekarang orang enggak lihat spanduk dan brosur atau bikin konter di mall karena takut terpapar corona. Semuanya sedang beralih ke arah digital," ungkap Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), M. Arifin Purwakananta dalam siaran pers kepada Okezone, Jumat (12/6/2020).

Menurutnya, di era new normal akibat pandemi ini, rumus utamanya bukan digital, melainkan adaptasi. Biasanya kata dia, problemnya bisa dipecahkan dengan digital, namun tidak semuanya dengan digital.

"Digital adalah cara hari ini untuk kita beradaptasi dengan keadaan. Karena pasti ada sektor-sektor lain yang juga tengah dikembangkan untuk menyambut era baru ini. Namun, ya untuk sekarang, digital adalah salah satu caranya," kata dia.

ilustrasi

Jadi, lanjut Arifin, gerakan zakat dalam menghadapi new normal ini harus mendalami teori adaptasi. "Karena bukan yang paling kuat atau yang paling pintar, tapi mereka yang paling bisa beradaptasilah yang akan bertahan," lanjutnya.

Dirinya berharap PPPA Daarul Qur'an dapat menjadi Laznas yang bisa beradaptasi dalam menghadapi era kenormalan baru ini.

"PPPA Daarul Qur'an harus bisa menjadi lembaga yang sustain dan bisa melewati masa-masa sulit ini, sehingga dapat terus istiqamah melakukan pengumpulan zakat pada masa new normal ini," harapnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara itu, Direktur Utama Forum Zakat, Bambang Suherman selaku praktisi di dunia zakat, turut memberi masukan mengenai pengelolaan gerakan zakat

Menurutnya, saat pandemi ini, masa depan gerakan zakat berada di antara ketidakpastian dan banyak perubahan.

"Namun ketidakpastian bisa dikelola dengan perencanaan, dan perubahan bisa dikelola dengan pengembangan kompetensi," ucap Bambang.

Agar sebuah lembaga zakat bisa bertahan ditengah pandemi lanjut Bambang, maka harus melakukan adaptasi. "Di antaranya adaptasi lingkungan, kelembagaan, dan kompetensi," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya