Belajar Alquran di Rumah Tahfidz Aktif Lagi Mulai 13 Juli, Begini Protokol Kesehatannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 13 Juni 2020 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 13 614 2229468 belajar-alquran-di-rumah-tahfidz-aktif-lagi-mulai-13-juli-begini-protokol-kesehatannya-EMmJUFD968.jpg Belajar menghafal Alquran di Institut Daarul Quran (Istimewa)

PARA santri akan kembali masuk ke Rumah Tahfidz setelah diliburkan sejak pertengahan April 2020 karena wabah virus corona. Proses belajar mengajar tatap muka bakal dihidupkan lagi memasuki era new normal dengan protokol kesehatan yang dirancang oleh Rumah Tahfidz Center dan Daarul Qur'an.

General Manager Sosial, Dakwah dan Advokasi PPPA Daarul Qur'an, Ustadz Agus Jumadi mengatakan, bahwa para santri Rumah Tahfidz di seluruh Indonesia akan memulai aktivitas belajar dan menghafal Alqur'an pada 13 Juli 2020. Pihaknya telah memberikan edukasi kepada seluruh koordinator daerah rumah tahfidz.

Baca juga: Kisah Menarik di Balik Munculnya Adzan sebagai Panggilan Sholat

Sedangkan untuk menyesuaikan dengan era new normal, para santri rumah tahfidz perlu memerhatikan sejumlah protokol kesehatan. Ustadz Agus pun menyebutkan, protokol kesehatan tersebut wajib diikuti oleh seluruh elemen di rumah tahfidz, baik pengasuh, pengajar hingga santri.

"Maka dari itu, ada protokol kesehatan yang harus dilengkapi, pertama santri disarankan untuk rapid test di tempatnya masing-masing, bagi rumah tahfidz atau pesantren yang mukim, kalau tidak rapid test minimal punya surat kesehatan dari instansi kesehatan setempat," kata Ustadz Agus dalam keterangan resmi dari PPPA Darul Qur'an yang Okezone terima, Sabtu (13/6/2020).

 

Lebih lanjut, santri disarankan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumahnya masing-masing sebelum masuk rumah tahfidz. Selain itu, santri juga diwajibkan membawa peralatan pribadinya dengan lengkap agar tidak saling bertukar dengan rekan-rekannya.

"Santri harus membawa alat-alat pribadi, sajadah punya sendiri, alat makan dan minum sendiri, handuk, sabun, semua, jadi tidak ada barang yang bergantian," tuturnya.

Melalui Rumah Tahfidz Center sebagai pusat managemen rumah tahfidz, Ustadz Agus juga mengimbau agar setiap rumah tahfidz menyediakan termogram atau alat ukur suhu tubuh dengan tujuan agar setiap santri yang memasuki kawasan rumah tahfidz benar-benar dalam kondisi sehat.

Kemudian antisipasi lainnya, seperti menggunakan masker di area rumah tahfidz, menjaga social distancing hingga penggunaan face shield pun diterapkan.

"Pola hidup bersih dan sehat pun diberlakukan dengan mengimbau santri agar mencuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun. Selain itu ia juga mengatakan perlunya penyemprotan cairan disenfektan secara berkala oleh rumah tahfidz," terangnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya