Pria Muslim Bikin Lonceng Sensor untuk Kuil Hindu

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2020 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 614 2230926 pria-muslim-bikin-lonceng-sensor-untuk-kuil-hindu-LzF1ETjz90.JPG ilustrasi (Foto: Pixabay)

NAHRU Khan, seorang mekanik muslim di India memodifikasi lonceng-lonceng yang ada di Kuil Pashupatinath di Distrik Mandsaur, Madhya Pradesh. Ia memasangi sensor pada lonceng tersebut untuk memastikannya dapat berbunyi tanpa perlu disentuh.

Pria 62 tahun ini menyediakan generator kedap suara untuk kuil-kuil umat Hindu, tak terkecuali Kuil Shiva, salah satu kuil terkenal di wilayah tersebut.

Melansir dari laman Newindianexpress, diketahui bahwa kuil-kuil di seluruh negara bagian India telah kembali dibuka setelah dua bulan ditutup akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

Pembukaan kembali tempat ibadah tersebut disertai dengan pedoman ketat, salah satunya adalah larangan untuk tidak menyentuh lonceng sebagai bentuk pencegahan penularan virus corona.

Baca juga: Kisah Tobatnya Nabi Daud karena Zikir Seekor Ulat

Kondisi itu lantas menggerakkan hati seorang Nahru Khan untuk membuat inovasi lonceng dengan sensor listrik di Kuil Pashupatinath di Distrik Mandsaur. Inovasi ini menjadikan Kuil Pashupatinath di Mandsaur satu-satunya kuil di Madhya Pradesh, atau mungkin di India, yang loncengnya dilengkapi dengan cincin sensor.

Sensor tersebut terbukti mampu mendeteksi perintah untuk membunyikan lonceng hanya dengan menggerakkan tangan sejauh satu setengah kaki dari bel.

“Ini adalah lonceng tanpa kontak. Lonceng akan berbunyi ketika ada penyembah atau pastor yang menggerakkan lonceng dari jarak setengah kaki. Ini adalah hadiah utama untuk kuil kami dari Nahru Khan,” ujar pendeta utama Kuil Pashupatinath, Kailash Pandit.

Kuil Pashupatinath adalah kuil paling terkenal di Distrik Mandsaur.Saat ditanya tentang apa motivasinya membuat inovasi tersebut, Nahru Khan punya jawaban sendiri.

"Bagaimana bisa kita dapat mendengar adzan di setiap masjid, namun para umat di kuil kebingungan untuk membunyikan loncengnya. Saya berpikir untuk melakukan sesuatu untuk membuat lonceng tanpa kontak, tetapi suara spiritualnya beresonansi di seluruh kuil dan akhirnya ide saya terwujud untuk memasang lonceng dengan sensor. Ini adalah hadiah yang saya persembahkan untuk kuil dan umat Hindu," ucapnya bangga.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ternyata, ini bukanlah satu-satunya persembahan pertama dari Nahru Khan di tengah pandemi corona. Pria putus sekolah ini ternyata juga berhasil menciptakan mesin sanitasi kendaraan motor ringan yang inovatif dan mesin sanitasi manusia.

Selain itu, ia juga sebelumnya pernah menyumbangkan generator listrik tanpa suara untuk kuil-kuil, termasuk Kuil Pashupatinath dan Kuil Nalcha Mata, keduanya berada di Distrik Mandsaur.

Penghasilan dari hasil inovasinya itu telah diinvestasikan Nahru Khan untuk memberi makanan kepada 2.000 orang setiap harinya di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Saya tidak meminta apapun dari pengembangan lonceng bertenaga sensor di Kuil Pashupathinath yang saya inovasikan, yang saya inginkan adalah berdoa kepada Tuhan dengan tenang dan aman untuk menyingkirkan kita semua dari pandemi Covid-19 ini," tutup Nahru Khan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya