7 Sahabat Rasulullah Berkulit Hitam

Ragiel Try Julianto, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2020 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 614 2231261 7-sahabat-rasulullah-berkulit-hitam-DWIjgLb8Yp.JPG ilustrasi (Foto: Ist)

RASULULLAH Shallallahu 'alaihi wasallam sangat memuliakan para sahabatnya tanpa memandang ras dan warna kulit. Bicara tentang sahabat Nabi berkulit hitam, tentu yang muncul di benak kita ialah Bilal bin Rabah. Ia adalah muadzin pertama yang mengumandangkan adzan sebagai penanda waktu sholat.

Namun, sahabat Nabi berkulit hitam rupanya bukan hanya Bilal bin Rabah. Sejarah menyebut terdapat sejumlah sahabat radhiyallahu 'anhuma dalam sejarah Islam yang berkulit hitam.

Tak hanya dari benua Afrika, sahabat berkulit hitam juga ada yang berasal dari jazirah Arab. Berikut ulasan para sahabat berkulit hitam dan hidup di zaman Rasulullah, seperti dilansir dari laman About Islam:

1. Ummu Ayman

Ummu Ayman adalah pelayan ayah Rasulullah yakni 'Abdullah bin Abdul Mutthalib. Ketika Aminah, ibunda Nabi wafat, Ummu Ayman mengambilalih tugas sebagai perawat utama Rasulullah. Ia kemudian dibebaskan pada saat Nabi menikahi Sayyidah Khadijah binti Khuwaylid.

Baca juga: 5 Amalan Istri Pengundang Rezeki untuk Suami

2. Usamah bin Zayd

Usamah bin Zayd merupakan salah satu sahabat terkasih Rasulullah. Kedua orangtua Usamah, Zayd bin Haritsah, yang adalah orang Arab dan Ummu Ayman, yang merupakan orang Ethiopia. Beliau kemudian dibebaskan dari perbudakan oleh Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam. Ia dilahirkan di Makkah tujuh tahun sebelum hijrah dan digambarkan memiliki kulit berwarna hitam.

3. Sa'ad Al-Aswad

Salah satu sahabat Rasulullah berkulit hitam lainnya adalah Sa'ad Al-Aswad As-Sulami. Sa'ad berasal dari Bani Ansar dan mengalami diskriminasi di Madinah. Dia pernah bertanya kepada baginda Nabi apakah dia bisa masuk surga karena posisinya yang rendah di kalangan umat muslim. Sa'ad kemudian mati syahid dalam pertempuran. Diriwayatkan bahwa Rasulullah pernah menangisinya sambil memegang jasadnya di pangkuan beliau.

4. Ammar bin Yasir

Ammar bin Yasir ialah salah satu sahabat Nabi yang dikenal karena keimanannya yang kuat. Dia adalah salah satu orang paling awal yang menerima Islam dan pernah mengalami siksaan oleh kaum Quraisy bersama keluarganya. 'Ammar juga berpartisipasi dua perang besar untuk membela kaum muslimin dalam perang Badr dan Uhud.

Baca juga: 2 Ayat dalam Alquran Paling Dicintai Nabi Muhammad dari Seisi Bumi

5. Mihja'

Salah satu sahabat yang juga hidup sezaman Rasulullah ialah Mihja 'bin Shalih. Mihja 'adalah salah satu penganut awal Islam di Makkah, dan salah satu dari mereka yang bermigrasi ke Madinah. Setelah migrasi menurut At-Tabari dan lainnya, Mihja 'adalah orang pertama yang menjadi martir di Ghazwa Badr (medan pertempuran Badr).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

6. Abu Dzarr Al-Ghifari

Salah satu sahabat terhormat yang dikenal karena kesetiaan dan kepeduliannya kepada fakir miskin adalah Abu Dzarr. Nama lengkap Abu Dzarr ialah Jundab bin Junadah dari Suku Ghifar sehingga di belakang namanya disematkan nama Al-Ghifari..

7. Ayman bin Ubaid

Salah satu sahabat setia Nabi Muhammad adalah Ayman bin ‘Ubayd. Akar Ayman adalah Abyssinian melalui ibunya. Ia dilahirkan melalui persatuan ibunya Barakah, seorang wanita yang akhirnya dibebaskan dari perbudakan oleh baginda Rasulullah dan ayahnya 'Ubaid bin Zaid.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya