Jika Diizinkan Arab Saudi, Aceh Siap Kirim Jamaah Haji

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 614 2234933 jika-diizinkan-arab-saudi-aceh-siap-kirim-jamaah-haji-Lyg23g5bAp.jpg Jamaah haji di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar (Okezone.com/Windy)

JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi memutuskan tetap menyelenggarakan ibadah haji 2020 dengan jamaah terbatas hanya untuk yang di negara itu. Pemerintah Aceh menyatakan siap berpartisipasi mengirimkan jamaah hajinya jika Saudi memberikan izin kuota haji secara khusus bagi Aceh.

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan, Aceh memiliki kekhususan tersendiri berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh dan UU Nomor 44 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Keistimewaan Provinsi Daerah Istimewa Aceh.

Baca juga: Aceh Bisa Lobi Arab Saudi untuk Dapat Kuota Haji Sendiri

"Selain itu, di Makkah, Aceh memiliki Baitul Asyi, yang merupakan wakaf yang diberikan oleh Habib Abdurrahman bin Alwi, atau yang lebih dikenal sebagai Habib Bugak Asyi, terkhusus untuk jemaah haji asal Aceh," kata Nova usai talk show di sebuah stasiun televisi nasional di Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Nova berharap adanya kuota bagi masyarakat Aceh agar jamaah haji asal Aceh tersebut tetap bisa diberangkatkan tahun ini.

"Insya Allah jika ada izin pembukaan haji dan kuota haji oleh pemerintah Arab Saudi, kita akan langsung berpartisipasi," katanya.

Baca juga: Indonesia Apresiasi Putusan Arab Saudi Gelar Haji 2020 dengan Jamaah Terbatas

Selain itu, Nova juga menginginkan agar ada penambahan persentase kuota jamaah haji asal Aceh. Karena, selama ini kuota haji Aceh diperkirakan 1 persen plus dari jumlah penduduk.

"Mudah-mudahan 5 ribu plus, sama seperti tahun lalu. Kita mendapat plus ini khusus provinsi Aceh," ujar Nova.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya