Arab Saudi Tak Terima Jamaah Haji dari Luar, DPR: Langkah Indonesia Tepat

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 614 2235070 arab-saudi-tak-terima-jamaah-haji-dari-luar-dpr-langkah-indonesia-tepat-KyW46U96P8.jpg Jamaah haji (Okezone.com/Rani)

JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi tetap menggelar ibadah haji 2020 untuk jamaah di negaranya saja. Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, langkah Indonesia yang sudah duluan memutuskan tak memberangkatkan jamaah haji tahun ini sudah tepat.

“Langkah pemerintah Indonesia untuk tidak memberangkatkan haji itu kami pikir sudah tepat,” kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Baca juga: Indonesia Apresiasi Putusan Arab Saudi Gelar Haji 2020 dengan Jamaah Terbatas

“Apa jadinya kalau kita siap-siap sudah berangkat sudah disiapkan tiba-tiba pemerintah Arab Saudi seperti sekarang memang tidak memberikan kuota kepada banyak negara.”

DPR menyatakan menghormati keputusan Arab Saudi karena dalam situasi pandemi Covid-19 mengedepankan keselamatan jamaah paling penting.

Menurutnya keputusan Saudi sejalan dengan pemerintah Indonesia yang sudah lebih dulu memutuskan tak memberangkatkan jamaah haji tahun ini.

“Memang sejalan dengan langkah pemerintah Indonesia yang tidak mengirimkan jemaah haji, itu sudah sejalan karena memang gejala-gejala awal atau tanda-tanda awal bahwa pemerintah Arab Saudi itu tidak menerima jemaah dari banyak negara termasuk Indonesia,” ujar politikus Partai Gerindra.

Dasco menilai Indonesia sudah memprediksi bahwa Saudi tak menerima jamaah haji dari luar.

“Itu sudah keliatan ketika dari pihak kementerian agama itu akan mengkoordinasikan soal penginapan dan soal catering itu sudah jauh-jauh hari memang tidak bisa komunikasi.”

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya