Share

Muslim Inggris Bersihkan Makam yang Terbengkalai Akibat Lockdown Covid-19

Hantoro, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 00:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 614 2235907 muslim-inggris-bersihkan-makam-yang-terbengkalai-akibat-lockdown-covid-19-zBMrhP4gnl.jpg Muslim Inggris membersihkan permakaman di Kota Derby. (Foto: Gulfraz Nawaz/About Islam)

KELOMPOK Muslim relawan di Inggris melakukan aksi terpuji dengan membersihkan makam-makam di permakaman di Kota Derby. Sebanyak 15 relawan itu membersihkan makam dan menyiram bunga-bunga di sana dengan air setiap satu bulan sekali di Permakaman Nottingham Road di kawasan Chaddesden, Derby.

"Dengan membersihkan makam akan membuat kami menyadari pentingnya menjaga mereka yang telah meninggal," kata pendiri kelompok Abid Taj kepada Derby Telegraph, dikutip dari About Islam, Kamis (25/6/2020). 

Ilustrasi virus corona (covid-19). (Foto: Okezone)

"Ini adalah tindakan memerhatikan sekitar sekaligus membuat semua berpikir suatu hari akan berada di makam ini. Ada lebih dari 1.000 makam di sini. Kami melakukan yang terbaik untuk membersihkan sebanyak mungkin," ungkapnya.

"Kami mencoba dan mengajari para relawan pentingnya memberikan kontribusi kepada masyarakat," jelasnya.

"Para relawan luar biasa. Mereka semua meluangkan waktu sebanyak mungkin, beberapa bahkan sepanjang hari, dan dukungan mereka sangat penting," tegasnya. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara Gulfraz Nawaz, anggota dewan dari Partai Buruh, berterima kasih kepada para relawan atas aksi sosial ini.

"Para relawan telah melakukan pekerjaan yang hebat dan mereka layak mendapat banyak pujian untuk pekerjaannya, dan saya sangat terkesan," ucapnya.

Ilustrasi virus corona. (Foto: Shutterstock)

"Mayoritas relawan adalah pemuda. Saya senang melihat komunitas yang lebih muda, dan mendukung mereka secara lebih luas," lanjutnya.

"Pemakaman biasanya dihadiri banyak orang, namun pembatasan yang diterapkan saat ini hanya memperbolehkan orang-orang tertentu boleh hadir, tetapi komunitas Muslim menghormatinya dan menyadari aspek keamanan di balik keputusan tersebut."

Lockdown selama berbulan-bulan di Inggris akibat virus corona (covid-19) memberikan dampak jalan-jalan, taman, dan bahkan permakaman menjadi tidak diperhatikan.

Oleh karena itu, kelompok Muslim Birmingham secara sukarela membersihkan taman dan jalan-jalan di kota itu dan mengatakan bahwa mereka termotivasi oleh keyakinan ajaran Islam. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini