Memahami Makna Islam Sesungguhnya

Kamis 25 Juni 2020 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 330 2236085 memahami-makna-islam-sesungguhnya-PodJ1pRMYq.jpg ilustrasi (stutterstock)

ISLAM merupakan satu-satunya agama yang diridhai oleh Allah SWT. Semua nabi yang diutus ke bumi diyakini menyerukan Islam yakni taat kepada Allah dan menjauhi larangannya. Nabi Muhammad SAW sebagai penutup segala nabi dan rasul kemudian menyempurnakan risalah Islam.

Melansir dari laman resmi MUI, Kamis (25/6/2020), Islam berakar kata dari “aslama”, “yuslimu”, “islaaman” yang berarti tunduk, patuh, dan selamat. Islam berarti kepasrahan atau ketundukan secara total kepada Allah SWT.

Baca juga: Pedang hingga Janggut Rasulullah Akan Dipamerkan di Kota Bogor

Orang yang beragama Islam berarti ia pasrah dan tunduk patuh terhadap ajaran-ajaran Islam. Seorang muslim berarti juga harus mampu menyelamatkan diri sendiri, juga menyelamatkan orang lain. Tidak cukup selamat tetapi juga menyelamatkan.

Secara istilah Islam adalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW untuk umat manusia agar dapat hidup bahagia di dunia dan akhirat.

Inti ajarannya (rukun Islam) adalah bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan pergi haji bila mampu.

Islam datang ke bumi untuk membangun manusia dalam kedamaian dengan sikap kepasrahan total kepada Allah SWT, sehingga seorang yang beragama Islam akan mengutamakan kedaiaman pada diri sendiri maupun pada orang lain. Juga keselamatan diri sendiri dan keselamatan orang lain.

Dalam sebuah hadits Nabi SAW dikatakan:

الْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِه، وَالْمُهَاجِرُ مَنْ هَجَرَ مَا نَهَى اللَّهُ عَنْهُ

Artinya:

Seorang muslim itu yang menyelamatkan muslim yang lain dari perkataannya, dan dari perbuatan tangannya, dan orang yang berhijrah adalah orang yang berhijrah dari sesuatu yang dilarang Allah. (HR. Nasa’i).

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini