Masjid-Masjid Mesir Dibuka, Sholat Jumat Belum Diadakan

Hantoro, Jurnalis · Minggu 28 Juni 2020 07:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 28 614 2237591 masjid-masjid-mesir-dibuka-sholat-jumat-belum-diadakan-BxaUvl3cV7.jpg Sholat berjamaah di masjid Mesir. (Foto: Gulfnews)

PANGGILAN untuk melaksanakan sholat berjamaah kembali bergema di seluruh Mesir pada hari Sabtu. Hal tersebut seiring kembali dibukanya masjid-masjid di sana setelah lebih dari tiga bulan ditutup akibat mewabahnya virus corona (covid-19).

Pada Maret lalu, Pemerintah Mesir memutuskan menutup sementara tempat-tempat ibadah sebagai bagian dari tindakan pencegahan untuk memutus persebaran covid-19.

Baca juga: Masjid di Mesir Kembali Dibuka, Jamaah Sambut Gembira 

Pemerintah Mesir memutuskan membuka kembali masjid untuk sholat lima waktu, tetapi tetap menangguhkan pelaksanaan Sholat Jumat.

Menanggapi panggilan azan yang keluar dari pengeras suara di masjid, ratusan ribu warga Mesir langsung berdatangan untuk menunaikan sholat berjamaah.

"Saya merindukan masjid selama berbulan-bulan. Seolah-olah saya mendengar ungkapan: 'Mari sholat' untuk pertama kalinya," ungkap Mahmoud Shahat saat keluar dari Masjid Kairo dengan tersenyum lebar, seperti dikutip dari Gulfnews, Minggu (28/6/2020).

Baca juga: Hukum Memakai Cadar Menurut Imam Syafii, Maliki, Hanafi dan Hambali 

Otoritas keagamaan Mesir telah mengimbau para jamaah untuk secara ketat mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19.

"Dengan adanya pembukaan kembali masjid, jamaah wajib membawa sajadah sendiri untuk sholat, menjaga jarak sosial, dan berwudu di rumah. Sebagai pertanda baik, saya tidak melihat seorang pun di dalam masjid berjabat tangan," kata Abdul Fatah Okasha.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebelumnya sebagai bagian dari tindakan pencegahan persebaran covid-19, masjid-masjid di Mesir ditutup sementara. Tempat-tempat suci yang bertempat di dalam masjid juga ditutup.

Mesir sejauh ini mencatat total 62.755 kasus infeksi virus corona, termasuk 1.625 kematian.

Pemerintah Mesir baru-baru ini melonggarkan lockdown, termasuk mengakhiri jam malam, guna merevitalisasi perekonomian.

Baca juga: Di Negara Ini Ribuan Umat Islam Tak Miliki Masjid 

Ilustrasi masjid. (Foto: Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya