Mencontoh Rasulullah Berdakwah dengan Lemah Lembut

Minggu 28 Juni 2020 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 28 616 2237843 mencontoh-rasulullah-berdakwah-dengan-lemah-lembut-MADmLNTmwk.jpg Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

NABI Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam memiliki sifat lemah lembut yang patut dicontoh. Beliau juga menggunakan sikap tersebut dalam mendakwahkan ajaran agama Islam.

Kelemahlembutan yang diberikan tidak akan menimbulkan permusuhan terhadap orang-orang yang didakwahkan. Kelembutan dalam berdakwah amat diperlukan dikarenakan tabiat manusia tidak ada yang pernah senang dan menginginkan kekerasan.

Baca juga: 3 Perkara yang Bisa Membawa Muslimah ke Surga 

Maka itu, hendaknya seseorang mendakwahi saudaranya dengan penuh kelemahlembutan sebagaimana dirinya senang diperlakukan dengan lembut.

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Mengutip dari Muslim.or.id, Minggu (28/6/2020), Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

وَلْيَأْتِ إِلَى النَّاسِ الَّذِيْ يُحِبُّ أَنْ يُؤْتَى إِلَيهِ

Artinya: "Hendaknya ia memberi kepada orang lain apa yang ia suka untuk diberikan kepadanya." (HR Muslim)

Baca juga: Alquran adalah Mukjizat Terbesar di Bumi 

Praktik dari hadis ini, apabila seseorang ingin berdakwah maka sepatutnya membayangkan bahwa dirinyalah yang akan menjadi objek dakwah. Tentunya ia akan senang jika mendapat nasihat dengan cara yang santun dan penuh kelembutan. Jika demikian, maka berdakwalah dengan lembut.

Kemudian kondisi di tengah-tengah masyarakat banyak yang mengedepankan perasaan dibanding ilmu dan dalil. Jadi dalam kondisi seperti ini, kelemahlembutan menjadi senjata ampuh dalam berdakwah agar apa yang disampaikan memberikan pengaruh kepada manusia.

Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah mengatakan, "Zaman ini adalah zaman lemah lembut, kesabaran dan hikmah, bukan masanya kekerasan, sebab kebanyakan manusia berada dalam kebodohan, dalam kelalaian, lebih banyak mengedepankan urusan dunia, maka diharuskan untuk banyak bersabar dan lemah lembut sehingga dakwah bisa tersebar dan sampai kepada manusia dan mereka menjadi mengerti, mudah-mudahan Allah memberikan hidayah-Nya kepada semua."

Baca juga: Mengetahui Cara Nabi Muhammad Memakai Cincin 

Oleh karena itu, tak diragukan lagi bahwa kelembutan menjadikan dakwah Islam lebih mudah diterima. Ketika kelembutan telah menghiasi dakwah, maka dakwah Islam akan memberikan pengaruh pada hati-hati kaum Muslimin dan menghasilkan perubahan yang besar di masyarakat.

Wallahu a’lam bish shawwab.

Baca juga: Nabi Muhammad Mendamaikan Suku yang Berebut Meletakkan Hajar Aswad 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini