Museum London Kumpulkan Dokumentasi Ramadhan saat Pandemi Covid-19

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Selasa 30 Juni 2020 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 30 614 2238868 museum-london-kumpulkan-dokumentasi-ramadhan-saat-pandemi-covid-19-IbnSJn4YTT.jpg Museum London, Inggris (Foto: faith-matters.org)

MUSEUM London, Inggris sedang mengumpulkan benda-benda yang menggambarkan bagaimana umat muslim setempat menjalani Ramadhan di tengah masa lockdown beberapa waktu lalu.

Melansir dari laman faith-matters.org, Selasa (30/6/2020), hal ini ditujukan untuk memberikan cerminan di masa depan tentang bagaimana orang-orang di London menjalani kehidupan di tengah pandemi Covid-19.

Merangkum kisah selama Ramadhan, museum ini akan mengabadikan seruan adzan yang pernah dikumandangkan di Masjid Noor di Hackney, London Timur. Tak hanya itu, sebuah pengalaman dari seorang pemuda muslim di London Barat juga turut ditargetkan.

“Kami sedang berupaya dalam pengumpulan berbagai barang mulai dari foto, rekaman film, audio serta benda-benda fisik lainnya yang mengisahkan pengalaman para keluarga ini,” kata Aisling Serrant, pemimpin proyek tersebut.

Baca juga: Ciri Orang Beribadah Ikhlas karena Allah Ta'ala

Sekadar diketahui, beberapa momen penting Ramadhan seperti berkumpul bersama keluarga besar dan teman-teman, hingga mengunjungi masjid untuk menunaikan sholat tidak dapat dilakukan di tahun ini dikarenakan adanya anjuran physical distancing sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Semua kegiatann itu terpaksa hanya dapat dilakukan secara virtual atau dengan menjaga jarak sosial. Aisling menambahkan, kondisi inilah yang dianilainya penting untuk diabadikan karena pengalaman tersebut dapat menjadi sebuah gambaran di masa akan datang tentang apa yang pernah dilalui sebelumnya.

Diharapkan nantinya semua item dapat masuk ke database online, namun belum ada rencana keseluruhan dokumentasi yang menceritakan kehidupan masyarakat London selama pandemi akan dipajang di museum itu.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini