6 Amalan Mengatasi Stres dan Depresi

Riyadi Akmal, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 12:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 616 2239390 6-amalan-mengatasi-stres-dan-depresi-AyzPo7GkCP.jpg Ilustrasi Muslimin. (Foto: Unsplash)

KEHIDUPAN kaum Muslimin tidak terlepas dari aktivitas rutin yang memerlukan banyak pemikiran dan tenaga, seperti bekerja, menyelesaikan kegiatan rumah, sekolah, atau kegiatan lainnya. Aktivitas ini bisa berjalan lancar atau bahkan tersendat. Hambatan itulah yang terkadang menimbulkan masalah dalam diri, misalnya stres dan depresi.

Dikutip dari buku 'Psikologi Abnormal' karya Gerald C Davidson, John M Neale, dan Ann M Kring, stres merupakan respons terhadap berbagai kondisi lingkungan secara emosional. Sedangkan depresi kondisi emosional yang biasanya ditandai kesedihan yang amat sangat mendalam, perasaan tidak berani dan bersalah, menarik diri dari orang lain, tidak dapat tidur, kehilangan selera makan, hasrat seksual, serta hilangnya minat kesenangan dalam aktivitas yang biasanya dilakukan.

Baca juga: 4 Kunci Meraih Ketenangan dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 

Lalu bagaimana seseorang Muslim menghadapi stres dan depresi?

Menukil dari Muslim.or.id, Rabu (1/7/2020), Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعاً حَسَناً إِلَى أَجَلٍ مُسَمّىً وَيُؤْتِ كُلَّ ذِي فَضْلٍ فَضْلَهُ

Artinya: "Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Rabbmu dan bertobat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik kepadamu (di dunia) sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya (di akhirat nanti)." (QS Huud: 3)

Dalam ayat lain Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنْتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

Artinya: "Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman." (QS Ali Imran 139)

Maksud dari ayat tersebut adalah makhluk yang paling mulia dan tinggi derajatnya, sehingga janganlah putus asa dengan apa yang terjadi dalam hidup ini. Tetaplah tenang menghadapi segalanya. Dalam hal ini bisa saja termasuk stres dan depresi.

Baca juga: 3 Kriteria Calon Suami yang Baik untuk Muslimah 

Adapun cara menyikapi stres dan depresi adalah:

1. Selalu ikhlas dengan apa yang terjadi dan serahkan semuanya kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

2. Rajin berwudu karena akan membuat tenang.

3. Jangan pernah tinggalkan sholat dan memohon pertolongan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Amalan untuk Melawan Rasa Rakut dan Menundukkan Jin 

4. Berdoa dan ungkapkan segalanya kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

5. Selalu berprangsangka baik kepada Allah Subhanahu wa ta'ala terkait apa yang terjadi dalam hidup kita.

6. Rajin berpuasa karena dapat mencegah pikiran serta hati dari pengaruh hal-hal buruk.

Stres adalah hal umum yang sering dirasakan oleh setiap makhluk hidup dan sulit dihindari. Namun, percayalah bahwa di setiap cobaan yang Allah Subhanahu wa ta'ala berikan akan ada kemudahan dan jalan terbaik setelahnya. Allah akan selalu memberikan ketenangan dan kebahagian dalam hidup.

Baca juga: 8 Manfaat Mengonsumsi Kurma untuk Ibu Hamil 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini