Harta Dunia Jangan Sampai Melalaikan Kehidupan Akhirat

Kamis 02 Juli 2020 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 330 2240354 harta-dunia-jangan-sampai-melalaikan-kehidupan-akhirat-mzFEl8WMcL.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JIKALAU sudah meninggal dunia, manusia hanya akan membawa tiga hal yakni sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, dan doa anak salih. Sedangkan kekayaan atau harta bendanya tidak akan dibawa. Maka itu, jangan pernah tertipu dengan melimpahnya harta di dunia.

Ustadz Zulkifli Muhammad Ali memberi nasihat indah tentang hakikat kehidupan. Melalui akun Instagram-nya @zulkiflima, ia mengingatkan kaum Muslimin agar tidak tertipu dengan harta kekayaan di dunia.

Baca juga: Doa agar Penyakit Segera Diangkat oleh Allah Ta'ala 

Beliau mengutip salah satu hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, bahwa Rasulullah bersabda:

ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺍﺑْﻦُ ﺁﺩَﻡَ ﻣَﺎﻟِﻰ ﻣَﺎﻟِﻰ – ﻗَﺎﻝَ – ﻭَﻫَﻞْ ﻟَﻚَ ﻳَﺎ ﺍﺑْﻦَ ﺁﺩَﻡَ ﻣِﻦْ ﻣَﺎﻟِﻚَ ﺇِﻻَّ ﻣَﺎ ﺃَﻛَﻠْﺖَ ﻓَﺄَﻓْﻨَﻴْﺖَ ﺃَﻭْ ﻟَﺒِﺴْﺖَ ﻓَﺄَﺑْﻠَﻴْﺖَ ﺃَﻭْ ﺗَﺼَﺪَّﻗْﺖَ ﻓَﺄَﻣْﻀَﻴْﺖَ

Artinya: "Manusia berkata, 'Hartaku-hartaku'. Beliau Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: 'Wahai manusia, apakah benar engkau memiliki harta? Bukankah yang engkau makan akan lenyap begitu saja? Bukankah pakaian yang engkau kenakan juga akan usang? Bukankah yang engkau sedekahkan akan berlalu begitu saja?'." (HR Muslim Nomor 2958).

Ibnu Sammak Muhammad bin Shubaih Rahimahullah berkata:

هب الدنيا في يديك ، ومثلها ضم إليك ، وهب المشرق والمغرب يجيء إليك ، فإذا جاءك الموت ، فماذا في يديك

Artinya: "Anggaplah dunia ada di genggaman tanganmu dan ditambahkan yang semisalnya. Anggaplah (perbendaharaan) timur dan barat datang kepadamu, akan tetapi jika kematian datang, apa gunanya yang ada di genggamanmu?" (Siyarul A’lam An-Nubala 8/330).

Baca juga: Melihat Uniknya Masjid Bersampul Kaligrafi Asmaul Husna di Tangerang 

Janganlah kaum Muslimin lalai dan tertipu seolah-olah akan hidup di dunia selamanya dengan mengumpulkan serta menumpuk harta yang sangat banyak sehingga melupakan kehidupan akhirat.

"Dunia memang kita butuhkan dan tidak terlarang kita mencari harta dan dunia, akan tetapi harus kita tujukan untuk orientasi akhirat," kata Uzma –sapaan akrabnya, dikutip dari Sindonews, Kamis (2/7/2020).

Baca juga: Jangan Lupa Baca Surah Al Kahfi Malam Jumat Ini, Besar Keutamaannya 

Demikian nasihat dai yang dijuluki "Ustadz Akhir Zaman" ini, penuh hikmah dan pelajaran berharga. Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala memberi kita taufik-Nya supaya semua Muslimin bisa mengisi kehidupan ini dengan amal salih yang mengantarkan kepada rida dan surga-Nya.

Wallahu Ta'ala A'lam.

Baca juga: MUI Sebut Banyak Negara Jadikan Indonesia Role Model Islam Moderat 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini