Ciri-Ciri Muslimin yang Ibadahnya Benar karena Allah Ta'ala

Kamis 02 Juli 2020 21:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 330 2240363 ciri-ciri-muslimin-yang-ibadahnya-benar-karena-allah-ta-ala-ceiTeklV8s.jpg Ilustrasi Muslimin. (Foto: Freepik)

UMAT Islam wajib memahami hakikat ibadah yang sesungguhnya agar amalannya tidak berujung sia-sia. Berdasarkan bahasa, ibadah berasal dari bahasa Arab yaitu 'abdu yang berarti hamba. Menurut istilah, ibadah adalah segala amal atau perbuatan manusia yang berhubungan dengan Allah Subhanahu wa ta'ala, sesama manusia, maupun dengan alam demi mendapat ridha Allah Ta'ala.

Dalam persfektif syariat, Allah Subhanahu wa ta'ala memperintahkan manusia beribadah sebagaimana dalam firman-Nya:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku." (QS Az-Dzaariyat: 56)

Baca juga: Harta Dunia Jangan Sampai Melalaikan Kehidupan Akhirat 

Ada yang bertanya, bagaimana ciri-ciri orang yang ibadahnya benar karena Allah Subhanahu wa ta'ala?

Berikut penjelasannya, sebagaimana diungkapkan Syekh Ahmad Al Mishri, dikutip dari Sindonews, Kamis (2/7/2020):

1. Ikhlas

Orang yang benar dalam ibadahnya, maka ia melakukannya dengan penuh keikhlasan semata-mata hanya karena mencari ridha Allah Subhanahu wa ta'ala. Ia menyadari bahwa ikhlas adalah rahasia diterimanya sebuah amal ibadah. Allah Ta'ala berfirman:

قُلْ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ يُوحَىٰ إِلَيَّ أَنَّمَا إِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ ۖ فَمَنْ كَانَ يَرْجُو لِقَاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَالِحًا وَلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدًا

"Katakanlah: 'Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan Yang Esa." Barang siapa mengharap pertemuan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal salih dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Tuhannya." (QS Al-Kahfi: 110)

2. Membersihkan diri dari dosa

Orang yang benar dalam ibadahnya, maka ia akan senantiasa membersihkan diri dari dosa-dosa dan menghindari diri dari perbuatan tercela yang mendatangkan murka Allah Subhanahu wa ta'ala.

3. Selalu bersabar

Orang yang benar dalam ibadahnya, maka ia senantiasa berusaha untuk saling menasihati dan mengajak dalam hal kebaikan dan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan penuh kesabaran serta beramal salih.

اِلَّا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوۡا بِالۡحَقِّ ۙ وَتَوَاصَوۡا بِالصَّبۡرِ

"Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran." (QS Al-'Ashr: 3)

"Itulah di antara tanda-tanda orang yang benar dalam ibadahnya. Kenali kitab suci Alquran dengan sering bertadarus, mentadabburinya, serta mengamalkannya, maka kita akan mengenal Allah Subhanahu wa ta'ala dan mencintai-Nya," jelas ulama asal Mesir itu.

Baca juga: Doa agar Penyakit Segera Diangkat oleh Allah Ta'ala 

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan sebuah doa:

اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

"Ya Allah, tolonglah aku agar selalu berzikir/mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan memperbagus ibadah pada-Mu." (HR Abu Daud dan Ahmad)

Sebagai penutup kaum Muslimin haruslah senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Ketahuilah bahwa iman dibagi empat:

1. Iman yang bertambah tidak pernah berkurang adalah iman para Nabi dan Rasul.

2. Iman yang tidak bertambah tidak berkurang dalam satu standar adalah iman para malaikat.

3. Iman yang bertambah dan berkurang adalah manusia selain para Nabi dan Rasul.

4. Iman yang berkurang dan tidak pernah bertambah adalah iman orang-orang fasik, orang-orang ahli maksiat.

Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala senantiasa menjaga kesucian hati setiap Muslim untuk beribadah semata-mata hanya kepada Allah Ta'ala.

Wallahu Ta'ala A'lam.

Baca juga: Melihat Uniknya Masjid Bersampul Kaligrafi Asmaul Husna di Tangerang 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini