DMI: Alhamdulillah Tidak Ada Penularan Covid-19 di Masjid

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 614 2240073 dmi-masjid-jadi-area-bersih-dari-penyebaran-covid-19-bjk937uEik.jpg Sholat Jumat di Masjid Agung Al Bakarah Bekasi (Okezone.com/Heru)

JAKARTA – DKI Jakarta memperpanjang masa Pembataaan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi menuju new normal hingga 14 hari ke depan. Direktur Program Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pusat, Ustadz Munawar Fuad Noeh mengatakan, selama masa PSBB Transisi, masjid di sejumlah daerah sudah mulai beraktivitas normal.

"Masjid secara keseluruhan sejak ada transisi atau sejak new normal, semakin normal, semakin pulih seperti biasa melaksankan fungsi masjid," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (2/7/2020).

 Baca juga: PSBB Transisi Diperpanjang, Ini Protokol Ibadah di Masjid dan Musala

Meski sudah mulai berjalan normal seperti biasa, kata dia, masjid-masjid tetap memperhatikan protokol kesehatan serta prosedur yang berlaku. Seperti adanya jarak ketika sedang melakukan sholat khususnya berjamaah, keterbatasan jamaah, memakai masker, hingga mencuci tangan dan beberapa bagian tubuh lainnya sebelum masuk ke masjid.

"Jaga jarak sedang melaksanakan sholat, pembatasan jumlah jamaah setiap masjid berkurang tetap memakai masker, mencuci tangan, jadi situasi itu semakin menjadi biasa," katanya.

Ustadz Munawar mengatakan, sejak mewabahnya Covid-19 di Indonesia, DMI terus berupaya untuk tetap membina atau mensosialisasikan terkait dengan keselamatan jamaah, serta kebersihan masjid-masjid di seluruh Indonesia.

Selain itu, di masa PSBB Transisi ini masjid dinilai lebih adaktif terhadap terhadap segala situasi si tengah wabah Covid-19.

"Sudah lebih dari tiga minggu, tetap masjid lebih adaktif atau lebih dapat menyesuaikan. Dan sampai sekarang Alhamdulillah tidak pernah ada kejadian (tertular Covid-19), di mana masjid jadi area yang betul-betul terjadi bersih penyebaran Covid-19," terangnya.

"Sejauh ini tidak ada kekhawatiran tapi tetap wasapada karena semua mengikuti prosedur, sesuai program dari DMI. Sejak awal mendistribusikan cairan pembersih, dan lain-lain ke seluruh masjid di Indonesia," pungkasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini