Masjid di Solo Siap Sambut New Normal, Sediakan Sarana Cegah Covid-19

Jum'at 03 Juli 2020 21:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 614 2240955 masjid-di-solo-siap-sambut-new-normal-sediakan-sarana-cegah-covid-19-NsowQcl37f.jpg Masjid di Kota Solo siap menjalani masa new normal pandemi covid-19. (Foto: Istimewa/Solopos)

SATUAN Binmas Polresta Solo intensif mengecek masjid-masjid di Kota Solo, Jawa Tengah, untuk mengetahui kesiapan menyongsong penerapan kenormalan baru (new normal) di tengah pandemi virus corona (covid-19).

Kasat Binmas Polresta Solo AKP Febriyani Aer mengatakan sejauh ini ada 11 masjid dan 4 tempat ibadah lain yang sudah dikunjungi kepolisian. Ia menegaskan semuanya telah bersiap menyambut new normal.

Baca juga: Masjid Tambakberas Jombang, Markas Pejuang Islam Melawan Penjajah 

Adapun ke-11 masjid tersebut yakni Masjid Agung Solo, Masjid Al Wustho, Masjid Al Mutaqien, Masjid Al Amin, Masjid Baiturahman Tipes, dan Masjid Hajjah. Kemudian Masjid Baiturahman Jagalan, Masjid An Nafi, Masjid Al Firdaus, Masjid An Nur Jebres, Masjid Mukarromah.

"Pengecekan kami lakukan secara humanis bersama pengurus tempat ibadah. Pengecekan berupa kesiapan yang sudah dilakukan tempat ibadah dalam menjalankan protokol kesehatan. Sosialisasi juga kami lakukan untuk memberi pemahaman pentingnya protokol kesehatan," ujar Febriyani, dikutip dari Solopos, Jumat (3/7/2020).

Ia mengapresiasi para pengurus masjid yang sudah serius mencegah penularan virus corona. Seperti jamaah wajib mengenakan masker, menyediakan sarana cuci tangan, menyediakan hand sanitizer, serta memerhatikan jarak dalam beribadah.

Baca juga: Bagaimana Nasib Perlengkapan Jamaah Haji Pasca-Batal Berangkat? 

Polisi pun akan terus menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan.

Dia menambahkan kunci pencegahan virus corona yakni disiplin diri sendiri seperti memakai masker, tidak berkerumun, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

Febriyani menjelaskan bahwa selain tempat ibadah, beberapa tempat umum seperti mal, pasar tradisional, warung kaki lima, restoran, juga akan menjadi sasaran pengecekan kepolisian.

Selain itu, polisi juga memprioritaskan pengecekan di tempat umum lainnya seperti terminal, stasiun, dan lokasi perbelanjaan.

Baca juga: Masjid Suro Al Mahmudiyah, Saksi Pengusiran Penjajah dari Palembang 

Ilustrasi virus corona (covid-19). (Foto: Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini