Mengenal Masjid Asasi, Masjid Tertua Kebanggaan Masyarakat Sumatera Barat

Kemal Alimin, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 615 2240865 mengenal-masjid-asasi-masjid-tertua-kebanggaan-masyarakat-sumatera-barat-6tGfchiiNe.JPG Masjid Asasi di Padang Panjang, Sumatera Barat (Foto: Twitter/@infoSumbar)

SUMATERA Barat merupakan wilayah dengan catatan sejarah panjang pendidikan dan dakwah Islam. Tak hanya itu, banyak objek wisata religi termasuk masjid tertua di sana bernama Masjid Asasi.

Masjid Asasi merupakan masjid tertua kedua di Indonesia yang berlokasi di Padang Panjang, Sumatera Barat. Bangunan masjid yang memiliki keunikan karena manggabungkan tiga budaya yakni Hindu, China dan Minangkabau. Hingga kini masjid tersebut masih kokoh berdiri dan menjadi pusat dakwah Islam bagi muslim sekitar.

Sekilas atapnya mengingatkan kita dengan Masjid Agung Demak di Jawa Tengah yang atapnya terdiri atas limas tiga tingkat. Sedangkan bangunan utamanya penuh ukiran mirip dengan rumah khas Sumatera Barat yakni rumah gadang.

Baca juga: Menteri Agama Harap Ilmuwan Muslimah Lakukan Tiga Peran Ini

Masjid ini termasuk masjid kedua tertua di Indonesia setelah Masjid Saka Tunggal yang terletak di Banyumas, Jawa Tengah yang dibangun sekitar tahun 1200-an Masehi. Sementara Masjid Asasi dibangun pada tahun 1685 Masehi.

Masjid Asasi

“Tim kebudayaan Kota Padang yang telah melaksanakan beberapa pertemuan dengan angku-angku, nini, mama dan alim ulama yang ada di Kota Padang Panjang maka sepakatlah kita mengambil (keputusan) bahwa berdirinya Masjid Asasi ini pada tahun 1685 Masehi,” ungkap tokoh masyarakat Nagari Sigando, Asrul Efendi dalam sebuah wawancara dengan iNews TV.

Atap masjid ini berbentuk tiga limas dengan jumlah undakan tiga buah. Secara umum, komponen bangunan masjid ini berbahan kayu dan beratapkan seng. Dindingnya dihiasi ragam ukiran bermotif flora. Hingga saat ini Masjid Asasi masih terawat dan menjadi pusat ibadah bagi umat muslim di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini