Mimpi Hari Kiamat Apa Maknanya?

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 330 2242623 mimpi-hari-kiamat-apa-maknanya-pe5W0jVUjA.jpeg Ustadz Rakhmad Zailani Kiki (Istimewa)

KIAMAT adalah hari akhir dari kehidupan bumi yang sangat dahsyat. Dunia dan seisinya akan lenyap dan semua manusia yang hidup saat itu tidak akan bisa menghindari kematian. Tapi, tak ada yang bisa memastikan kapan kiamat terjadi kecuali hanya Allah SWT.

Allah hanya memberikan tanda-tanda bahwa kiamat akan dekat, sebagai peringatan bagi manusia untuk mengingat-Nya.

Baca juga:  Hakim Mahkamah Syariah di Aceh Dipukul Palu Usai Putuskan Sidang Cerai

Sebagian orang ada bermimpi tentang kiamat. Ia seakan melihat bagaimana bumi dihancurkan lalu menuju fase kehidupan yang kekal. Nah, bagaimana dalam pandangan Islam jika seseorang bermimpi kiamat?

"Mimpi tentang kiamat adalah mimpi yang baik, untuk menjadi peringatan bagi yang mimpi agar memperbanyak ibadah dan amal saleh," ujar Ketua Program Pendidikan Manhaj Istinbath Fatwa Lembaga Dakwah Thariqah Qadiriyah Naqsyabandiyah (LDTQN) Ponpes Suryalaya Jakarta, Ustadz Rakhmad Zailani Kiki saat dihubungi Okezone, Selasa (7/7/2020).

Baca juga:  20 Nama Lain Hari Kiamat yang Tertulis dalam Alquran

Ustadz Rakhmad mengatakan, mimpi datangnya hari kiamat adalah bunga tidur sebagian para ulama. Salah satunya pernah terjadi kepada Imam Hamzah bin Habib az-Zayyat, ia bermimpi seakan-akan kiamat telah terjadi.

"Dan para Qari Alquran dipanggil. Ia (Imam Hamzah bin Habib az-Zayyat) termasuk orang yang menghadiri panggilan itu," katanya.

 ilustrasi

Ilustrasi (Foto Express)

Setelah Imam Hamzah bin Habib az-Zayyat bermimpi kiamat, maka ia semakin semangat dan istiqamah membaca, meghafal serta mengamlakn Alquran selama hidupnya.

Kedatangan hari kiamat hingga saat ini belum diketahui kepastiannya, bahkan Rasulullah pun tidak mengetahuinya. Peristiwa besar tersebut menjadi sesuatu yang ghaib, atau tidak diketahui oleh manusia biasa dan hanya Allah yang menentukannya.

Allah berfirman dalam Surah Al-'Araf ayat 187:

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Yas`alụnaka 'anis-sā'ati ayyāna mursāhā, qul innamā 'ilmuhā 'inda rabbī, lā yujallīhā liwaqtihā illā huw, ṡaqulat fis-samāwāti wal-arḍ, lā ta`tīkum illā bagtah, yas`alụnaka ka`annaka ḥafiyyun 'an-hā, qul innamā 'ilmuhā 'indallāhi wa lākinna akṡaran-nāsi lā ya'lamụn.

 

Artinya: "Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui". (QS. Al-'Araf: 187).

Kemudian dalam Surah Al A’raf:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ

Artinya: "Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat, 'Bilakah terjadinya?' Katakanlah, 'Sungguh pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku. Tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia." (QS. Al A’raf ayat 187).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya