Bella Hadid Kecam Instagram yang Hapus Foto Paspor Palestina Ayahnya

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Sabtu 11 Juli 2020 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 614 2244802 bella-hadid-kecam-instagram-yang-hapus-foto-paspor-palestina-ayahnya-ENx5pkc8Rb.jpg Bella Hadid (Middle East Monitor)

BELLA Hadid mengecam keras Instagram yang menghapus foto paspor Palestina milik ayahnya Mohammed Hadid yang diunggahnya di Instagram Story. Supermodel Amerika Serikat itu menilai Instagram melakukan bullying.

Dilansir dari Middle East Monitor, Sabtu (11/7/2020), Bella Hadid mengungkapkan kekesalannya dengan membagikan sebuah foto, minggu lalu.

Model muslim itu menuliskan bahwa terdapat keanehan di mana unggahannya itu hanya menampilkan fakta bahwa sang ayah ialah lahir di Palestina, namun kemudian Instagram menghapus unggahan tersebut secara otomatis dengan alasan melanggar pedoman komunitas.

Baca juga: Dinda Hauw Menikah, Inilah 5 Tujuan Utama Membangun Rumah Tangga

Supermodel berdarah Palestina-Belanda ini mengatakan bahwa ia bangga sebagai orang Palestina. Ia heran mengapa sebuah unggahan yang melibatkan suatu wilayah tertentu dapat dinilai sebagai suatu pelanggaran.

“Instagram telah menghapus unggahan saya di Instagram Story yang hanya mengatakan ‘Baba saya dan tempat kelahirannya di Palestina’, dengan menampilkan sebuah foto paspor Amerika. @instagram darimanakah unsur saya yang dengan bangga menyebutkan tempat kelahiran ayah saya di Palestina sebagai bentuk “intimidasi, pelecehan, gambar, dan pelanggaran seksual?” ujar wanita 23 tahun itu.

Ia menilai bahwa ini sudah termasuk kategori rasisme dan bullying.

“Apakah sebagai orang Palestina kita tidak diizinkan berada di Instagram? Bagi saya ini sudah masuk bullying. Siapapun tak bisa menghapus riwayat hidup seseorang dengan membungkamnya, bukan seperti itu hidup ini bekerja. Apakah kau (Instagram) ingin seseorang merubah tempat kelahirannya untukmu? Saya bangga menjadi orang Palestina,” ujarnya seraya menambahkan sebuah potret paspor sang ayah yang sudah kadaluwarsa.

ilustrasi

Belum diketahui alasan Instagram menghapus unggahan Bella Hadid di bawah “pedoman komunitas tentang pelecehan atau intimidasi”.

Namun, aksi Bella Hadid mengunggah foto paspor ayahnya dan bangga mengaku sebagai orang Palestina, dengan cepat menuai banyak dukungan dari para warganet khususnya di Twitter.

Salah seorang pengguna Twitter memuji aksi Bella dengan mengatakan, “Tak sedikit orang Arab yang membiarkan media sosial/Hollywood/ kehidupan sosial untuk menutup identitas mereka dan kemudian mereka seakan berpartisipasi terhadap penghapusan jati diri mereka sendiri. Anda berkata “tidak hari ini”, dan kita semua berkata, “tidak pernah”.

Sementara pengguna lain turut menuliskan, “Saya sangat mendukung seorang wanita yang berani dan berpengaruh besar seperti Bella Hadid yang secara terbuka membahas Palestina dan perjuangan rakyat Palestina. Ia satu satunya “A-lister” yang pertama kali saya lihat benar-benar melakukannya.”

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Bella Hadid, bersamaan dengan saudara kandungnya, Anwar Hadid, dan sang ayah Mohamed telah menjadi pendukung hak-hak Palestina selama beberapa tahun. Mereka memanfaatkan platform media sosial miliknya untuk mendukung aksi-aksi perjuangan.

Pada Desember 2017, Bella Hadid spontan bergabung dengan pawai solidaritas pendukung Palestina di London, Inggris.

Sementara itu, pada bulan yang sama, ia juga mengutuk pengakuan Amerika Serikat atas Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

“Baru saja menonton berita dan melihat kepedihan rakyat Palestina membuat saya memangis untuk seluruh rakyat disana. Perlakuan terhadap rakyat Palestina sangatlah tak adil, dilakukan sepihak dan tak dapat ditoleransi. Saya mendukung dan ada untuk Palestina,” kata Hadid melalui akun media sosialnya saat itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya