4 Jenis Hewan yang Dilarang untuk Dikurbankan

Senin 13 Juli 2020 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 330 2245719 4-jenis-hewan-yang-dilarang-untuk-dikurbankan-whLJHybZqf.jpg ilustrasi (Okezone)

MENYEMBELIH hewan kurban sangat dianjurkan pada Hari Raya Idul Adha dan Hari Tasyrik. Keutamaannya sangat banyak, selain sebagai wujud ketakwaan kepada Allah juga bisa membantu perekonomian dan membangun kehidupan sosial di masyarakat.

Sejarah kurban tercatat dalam Alquran di mana Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah SWT melalui mimpinya untuk menyembelih anak kesayangannya Nabi Ismail.

Dalam Alquran Surah Ash-Shaffat ayat 102, Allah berfirman:

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ ٱلسَّعۡیَ قَالَ یَـٰبُنَیَّ إِنِّیۤ أَرَىٰ فِی ٱلۡمَنَامِ أَنِّیۤ أَذۡبَحُكَ فَٱنظُرۡ مَاذَا تَرَىٰۚ قَالَ یَـٰۤأَبَتِ ٱفۡعَلۡ مَا تُؤۡمَرُۖ سَتَجِدُنِیۤ إِن شَاۤءَ ٱللَّهُ مِنَ ٱلصَّـٰبِرِینَ

Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!” Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.”

Baca juga: Intip Gaya Cadar Stylish Kekinian ala Selebgram Wardah Maulina

Nabi Ibrahim kemudian melaksanakan perintah Allah dengan membawanya ke Mina lalu membaringkan untuk menyembelihnya. Tapi, Allah mengutus malaikat mengirimkan seekor domba gemuk sebagai tebusan, sebagaimana disebutkan dalam dalam Surah Al-Saffāt ayat 107, yang artinya.

“Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.”

Peristiwa bersejarah itu kemudian jadi hukum dalam Islam tentang berkurban. Lalu, hewan apa saja yang boleh dikurbankan?

Mahasantri Ma’had Aly Haysim Asy’ari Tebuireng Jombang, Yuniar Indra dalam artikelnya di laman Tebuireng.Online menjelaskan, bahwa hewan yang boleh dijadikan kurban adalah kambing, domba, sapi dan unta. Kambing atau domba mewakili satu orang, sedangkan sapi dan unta mewakili tujuh orang.

Tapi, ada empat jenis dari hewan itu tidak boleh dikurbankan. Yuniar Indra menjelaskan bahwa hewan-hewan yang akan dikurbankan harus selamat dari:

Pertama

Tidak termasuk Al-‘Aurā’ (Jawa:picek) meskipun bola matanya masih kelihatan.

Namun ada beberapa cacat mata yang tidak sampai menyebabkan pelarangan kurban;

Yakni, Al-‘Amsyā’: lemahnya penglihatan disertai dengan mengalirnya air mata yang deras, hal itu tidak mempengaruhi kualitas daging.

Kemudian Al-‘Asywā’: tidak bisa melihat pada malam hari. 

Kedua

Tidak termasuk Al-‘Urja’, yaitu pincang. Dengan gambaran kepincangan itu dapat merubah cara jalannya. Sehingga kawanan lain dapat mendahului perjalanannya ke tempat gembala.

Ketiga

Bukan termasuk hewan yang sakit. Sampai-sampai karena sakitnya hewan itu terlihat kerempeng.

Keempat

Tidak termasuk hewan yang kurus. Yakni dagingnya sangat sedikit.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya