Yakin Pandemi Covid-19 Akan Berlalu, KH Ma'ruf Amin Kutip Surah Al Insyirah

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 614 2246073 yakin-pandemi-covid-19-akan-berlalu-kh-ma-ruf-amin-kutip-surah-al-insyirah-DwF78UNRew.jpg Wapres KH Ma'ruf Amin (Biro Pers Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin menyatakan wabah virus corona atau Covid-19 merupakan ujian dari Allah SWT untuk semua negara di dunia. Ia meyakini ujian ini akan berlalu dan diberikan kemudahan jika manusia terus berikhtiar.

"Kita harus bisa meyakinkan umat bahwa badai pasti berlalu. Setelah suatu kesulitan pasti datang kemudahan," katanya dalam Dialog Nasional Lintas Iman melalui virtual, Selasa (14/7).

Baca juga: 4 Nabi yang Dipercayai Masih Hidup Sampai saat Ini

Sebagaimana dalam ayat Alquran Surah Al-Insyirah, Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

Fa inna ma’al ‘usri yusra. Innama’al ‘usri yusra

Artinya: "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." (QS. Al-Insyirah: 5-6).

 Baca juga: Warga dari 160 Negara Daftar Haji Tahun Ini

Kiai Ma'ruf mengatakan di dalam ayat tersebut ada al usr, tetapi karena menggunakan al maka kesulitan atau al usr itu jadi satu.

"Sedangkan yusran hanya ada dua. Jadi artinya satu kesulitan akan memperoleh dua kemudahan. Kemudahan di dunia dan kemudahan di akhirat," jelas Ketua Umum Nonaktif Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini.

Selain itu, ia juga mengajak para tokoh agama, khususnya Islam, agar terus menyosialisasikan kepada seluruh umat tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, menjaga jarak, hingga rajin mencuci tangan.

"Saya yakin, peran para tokoh agama sangat penting untuk memastikan keberhasilan kebijakan ini," ujarnya.

Wapres mengajak para tokoh agama untuk membangkitkan semangat umat agar dapat bekerja keras dalam rangka memulihkan kembali keadaan, sebelum Covid-19 dan juga mengejar ketertinggalan yang terjadi akibat wabah tersebut.

"Peran para tokoh agama pada masa pasca pandemi sama pentingnya seperti pada waktu masa pandemi," pungkasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini