Yuk Jaga Kebersihan Alat Sholatmu, Ikuti 4 Langkah Ini

Alya Amellia Amini, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 616 2246858 yuk-jaga-kebersihan-alat-sholatmu-ikuti-4-langkah-ini-pjO8MkvV2Q.jpg Ilustrasi sholat. (Foto: Freepik)

ISLAM adalah agama yang menjunjung tinggi untuk hidup bersih. Islam juga mengajarkan pemeluknya menjaga kebersihan, sebab Allah Subhanahu wa ta'ala menyukai hamba-Nya yang menyucikan diri.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya: "Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: 'Haidh itu adalah suatu kotoran.' Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri." (QS Al-Baqarah: 222)

Baca juga: 3 Hal yang Mesti Diperhatikan Muslimin ketika Diundang ke Pernikahan 

Salah satu upaya mencegah penularan virus corona (covid-19) yaitu dengan menjaga kebersihan. Dalam kondisi seperti ini, mari kita menjaga kebersihan diri dan juga alat sholat yang sering digunakan. Tujuannya agar ibadah terasa lebih nyaman.

Berikut beberapa tips aman dari virus corona (covid-19) ketika menunaikan ibadah sholat, sebagaimana dikutip dari Instagram @hijaberscommunityofficial, Rabu (15/7/2020).

1. Bawa perlengkapan sendiri

Pastikan membawa peralatan sholat seperti sajadah, sarung, atau mukena sendiri. Sebab potensi penularan virus corona bisa terjadi ketika melaksanakan sholat berjamaah di masjid, terutama saat sujud, bisa saja kuman dan bakteri jahat lainnya menempel dan bisa menyentuh bagian mulut atau hidung.

2. Semprot disinfektan

Apabila terpaksa menggunakan alat sholat di masjid atau mushola, bisa disemprot terlebih dahulu dengan cairan disinfektan.

Baca juga: 5 Perbuatan yang Dapat Menyelamatkan Muslimin dari Neraka 

Ilustrasi sholat. (Foto: Okezone)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Keringkan dari air wudhu

Dianjurkan mengeringkan anggota tubuh atau wajah setelah berwudhu menggunakan kain bersih, sapu tangan, atau tisu sendiri. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan agar alat sholat tersebut tidak lembap yang nantinya dapat menimbulkan bau.

4. Rutin mencuci

Pastikan rutin mencuci perlengkapan alat sholat, baik setelah dipakai atau sudah lama tidak dipakai.

Baca juga: 4 Kunci Meraih Ketenangan dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 

Sholat Jumat di tengah pandemi virus corona (covid-19). (Foto: Dok Okezone/Heru Haryono)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya