3 Hal yang Mesti Diperhatikan Muslimin ketika Diundang ke Pernikahan

Hantoro, Jurnalis · Minggu 12 Juli 2020 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 12 616 2245101 3-hal-yang-mesti-diperhatikan-muslimin-ketika-diundang-ke-pernikahan-fMcsv61nz3.jpg Ilustrasi pernikahan. (Foto: Unsplash)

PERNIKAHAN adalah salah satu ibadah bernilai pahala besar bagi kaum Muslimin. Fase pernikahan akan dilalui oleh umat Islam yang dinilai telah mampu dan wajib menjalankannya.

Ketika melangsungkan pernikahan, mempelai mendahuluinya dengan ijabkabul. Lalu ada resepsi pernikahan. Nah, dalam momen inilah biasanya mengundang banyak orang, baik kerabat maupun sahabat.

Baca juga: Panjatkan Doa Ini saat Mendatangi Pernikahan 

Lalu hal-hal apa saja yang wajib diperhatikan setiap Muslimin ketika diundang ke pernikahan. Berikut ini rinciannya, sebagaimana dikutip dari Muslim.or.id, Minggu (12/7/2020):

1. Memenuhi undangan

Hukum asalnya wajib bagi seseorang memenuhi undangan pernikahan. Rasulullah Shallallaahu alaihi wa sallam pernah bersabda:

إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْوَلِيْمَةِ فَلْيَأْتِهَا

Artinya: "Jika salah seorang di antara kalian diundang menghadiri acara walimah, maka datangilah." (HR Bukhari Nomor 5173)

Bahkan, orang yang sedang berpuasa pun tetap wajib memenuhi undangan pernikahan tersebut. Seperti penjelasan dalam hadis berikut:

إذا دعي أحدكم إلى طعام فليجب، فإن كان مفطراً فليطعم، وإن كان صائماً فليصل. يعني: الدعاء

Artinya: "Bila salah seorang di antara kalian diundang menghadiri jamuan makan, hendaklah ia memenuhi undangan tersebut. Jika ia tidak sedang berpuasa maka hendaklah ia ikut makan. Dan jika ia sedang berpuasa hendaknya ia mendoakan." (HR Muslim Nomor 1431)

Baca juga: Mau Menikah, Kenali Dulu 3 Bentuk Mahar dalam Islam 

Ilustrasi resepsi pernikahan. (Foto: Istimewa)

2. Mendoakan keberkahan

Sejatinya ada beberapa lafaz doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika menghadiri pernikahan. Di antara yang sudah masyhur ialah doa yang terdapat dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu anhu.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Artinya: "Semoga Allah memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan." (HR Abu Dawud Nomor 2130)

Sementara doa-doa dengan redaksi lainnya dapat dilihat dalam kitab 'Adabuz Zifaf' karya Syekh Al Albani.

Baca juga: 5 Syarat Utama dalam Melangsungkan Pernikahan 

3. Mendoakan orang yang mengundang setelah selesai makan

Di antara sunah yang sering terlupakan ialah mendoakan orang yang mengundang setelah selesai makan. Doa yang dianjurkan untuk dibaca adalah:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya: "Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka, dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka." (HR Ahmad IV/187-188)

Baca juga: Tidak Ada Istilah Pacaran dalam Islam, Ini Penjelasannya 

Ilustrasi cincin pernikahan. (Foto: Unsplash)

Boleh pula dengan doa berikut:

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

"Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku." (HR Muslim Nomor 2055)

Wallahu a'lam.

Baca juga: Kemenag Minta Masyarakat Patuhi Protokol Pernikahan 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini