Curhat Remaja Difitnah Foto Tak Senonoh dan Hikmah Sabar terhadap Ujian

Ade Naura, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 614 2249201 curhat-remaja-difitnah-foto-tak-senonoh-dan-hikmah-sabar-terhadap-ujian-kjWguutIAP.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BANYAK hal dihadapi manusia sepanjang ia hidup di atas bumi. Pengalaman manis maupun pahit semua harus dialami dengan tabah agar mendapat ridha Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Mungkin kita pernah mengalami hal buruk, seperti dizalimi orang. Namun, terlepas dari itu kita perlu ingat bahwa sebagai orang beriman harus senantiasa sabar dan tawakkal menerima ketentuan Allah.

Seorang mahasiswi berinisal CR (19) mengalami hal yang tidak menyenangkan di masa remaja. Ia pernah dituduh memiliki foto tidak senonoh oleh teman-temannya sendiri yang merupakan teman sekolahnya. Foto yang kadung tersebar itu dituduh sebagai dirinya, meski sebenarnya tidak. Ia tak menyangka bahwa orang di sekelilingnya justru tega melakukan hal seperti itu.

Orang-orang terdekatnya menutupi hal tersebut, pura-pura tidak tahu dan sementara di belakang CR mereka kerap membicarakannya. Awalnya, ia merasa sangat marah dan sedih yang lama kelamaan menjadi mati rasa. Namun, CR tak bisa berbuat apapun dan hanya bisa pasrah.

Baca juga: 3 Sifat yang Bisa Diteladani dari Sosok Fatimah Azzahra

“Setelah beberapa hari ya aku berdoa, pokoknya minta ditenangin hati terus semoga Allah kasih hidayah ke orang-orang yang fitnah aku,” ucap CR saat berbincang dengan Okezone belum lama ini.

Kini CR merasa lebih tenang karena sering curhat dan bermunajat kepada Allah Ta'ala. Meski masih berbekas di hatinya, sedikitnya hatinya menjadi lebih tenang dengan mengingat Allah.

Sebagaimana Alquran menjelaskan keutamaan orang-orang yang senantiasa bersabar terhadap ujian yang dihadapi. Perlu ditanamkan di hati kita bahwasanya Allah tidak akan memberikan ujian di luar kadar kemampuan hambaNya.

Terkait kasus ini, dai kondang KH Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym mengutip ayat dalam Alquran yakni Surah Al-Baqarah ayat 286:

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Artinya: "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir," (QS. Al-Baqarah: 286).

"Kita harus yakin bahwa setiap ujian sudah ada takarannya. Tidak akan di luar batas kesanggupan kita. Coba dipikir selama ini, ada aja jalan keluar yang Allah berikan, betul kan? Sahabat yang baik, kita harus yakin Allah lebih tahu keadaan kita daripada diri kita sendiri," tulis Aa Gym dikutip Okezone dari akun Instagramnya, @aagym.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya