Kubah Masjid Bersejarah Hancur Tersambar Petir

Rifky Maulana Husain, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 615 2249044 kubah-masjid-bersejarah-hancur-tersambar-petir-XmobNuP1Um.jpg Kubah masjid bersejarah di New Delhi, India hancur tersambar petir (Foto: Indian Express)

SEBUAH masjid tua di Kota New Delhi, India rusak parah akibat tersambar petir. Masjid Mubarak Begum itu tersambar petir saat hujan deras mengguyur wilayah itu pada Minggu 19 Juli 2020 pagi.

Melansir dari laman The Indian Express, Senin (20/7/2020), kerusakan parah terdapat pada bagian atap masjid.

Di mana satu kubahnya hancur berkeping-keping. Puing-puing kubah masjid berwarna cokelat itu masih dibiarkan tertumpuk di atap masjid.

“Sekitar pukul 06.45 pagi, saya berdiri di luar masjid dan dan terjadi hujan yang cukup deras. Tiba-tiba petir menyambar, dan kubah di tengah pecah. Ada dua-tiga orang sedang melakukan ibadah di dalam. Tidak ada yang terluka," ucap seorang saksi mata, Zahid.

Baca juga: Khotbah Wukuf di Arafah Disiarkan dalam 5 Bahasa, Termasuk Indonesia

Anggota Dewan Wakaf Delhi, Himal Akhtar mengatakan bahwa seorang arsitek dan insinyur akan dikerahkan hari ini memeriksa kerusakan masjid berusia hampir dua abad tersebut. Setelah itu barulah upaya restorasi terhadap masjid.

"Kami akan memperbaiki masjid ini berdasarkan skala prioritas," ucap Akhtar.

Masjid Mubarak Begum dibangun pada tahun 1823 oleh seorang gadis penari dari Pune yang masuk Islam setelah menikah dengan Jenderal David Ochterlony, seorang warga Inggris di Delhi pada masa kepemimpinan Sultan Akbar Shah II. Wanita itu dikenal sebagai muslimah yang taat dan salehah.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini