Besok Muslim Turki Sholat Jumat Perdana di Hagia Sophia

Kamis 23 Juli 2020 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 614 2250802 besok-muslim-turki-sholat-jumat-perdana-di-hagia-sophia-QfXCpVFXaO.jpg Hagia Sophia. (Foto: Unsplash)

PADA hari Jumat 24 Juli 2020 atau besok akan menjadi momen umat Islam di Turki menunaikan Sholat Jumat perdana di Hagia Sophia, sebuah bangunan bersejarah dan terkenal di Kota Istanbul.

Pemerintah Turki sebelumnya telah resmi mengembalikan fungsi Hagia Sophia menjadi masjid. Rusia menyatakan prihatin atas nasib gedung bersejarah itu, termasuk mosaik-mosaik Kristen yang terkenal di dunia.

Baca juga: Turki Undang Para Pemimpin Negara Lain Sholat Jumat di Hagia Sophia 

Sebagaimana dikutip dari VOA, Kamis (23/7/2020), Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, yang memelopori perubahan status Hagia Sophia dari museum menjadi masjid, sebelumnya mengatakan mosaik-mosaik Kristen tersebut akan ditutup tirai atau penerangan selama pelaksanaan Sholat Jumat.

Dalam beberapa hari setelah Pengadilan Istanbul mencabut status museum Hagia Sophia –membuka jalan untuk berubah menjadi masjid– Presiden Rusia Vladimir Putin menelepon Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Ia meminta jaminan atas kondisi mosaik-mosaik itu.

Para pemimpin Ortodoks Rusia juga menyatakan prihatin atas perubahan bangunan tersebut yang mereka gambarkan sebagai ancaman.

Hagia Sophia. (Foto: Istimewa)

Katedral Bizantium abad ke-6 itu tidak hanya terkenal akan keindahan arsitekturnya, tetapi juga mosaik besar yang menggambarkan Yesus, Bunda Maria, dan penguasa Bizantium. Mosaik tersebut menghiasi langit-langit bangunan Hagia Sophia.

Gereja Ortodoks Rusia mempunyai pengaruh yang kuat dalam masyarakat Rusia.

Sebelumnya Pemerintah Turki mengundang sejumlah pemimpin dari berbagai negara untuk hadir dalam Sholat Jumat perdana di Hagia Sophia besok. Diperkirakan 1.000 hingga 1.500 orang hadir dalam Sholat Jumat pada 24 Juli.

Kepala Direktorat Agama Turki Ali Erba akan menjadi imam dalam Sholat Jumat perdana di Hagia Sophia. Sholat Jumat akan digelar dengan protokol kesehatan ketat untuk mencegah persebaran virus corona (covid-19). Para jamaah diwajibkan memakai masker, hand sanitizer, serta sajadah akan dibagikan kepada seluruh jamaah saat tiba untuk Sholat Jumat di Hagia Sophia.

Baca juga: Hagia Sophia Kembali Jadi Masjid, 5 Artis Ini Rindu Berkunjung 

Seperti dilaporkan Hurriyet Daily News, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan hadir dalam Sholat Jumat perdana besok bersama pemimpin Partai Gerakan Nasionalis (MHP) Devlet Bahceli, wakil, anggota Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa, serta para menteri.

Pemimpin negara lain yang diundang untuk Sholat Jumat di Hagia Sophia di antaranya Presiden Azerbaijan dan Qatar.

Erdogan berkunjung ke Hagia Sofia pada 19 Juli 2020, sebelum sholat pertama kembali digelar di sana. Ia juga mengawasi langsung proses perubahan status bangunan Hagia Sophia dari museum menjadi masjid.

Selama sholat berlangsung, mosaik dan lukisan di Hagia Sophia akan ditutupi tirai. Mekanisme tirai yang dipasang di sana serupa dengan yang digunakan dalam industri perfilman.

"Tidak ada satu pun paku yang digunakan saat memasang sistem tersebut," jelas pihak pengelola gedung.

Baca juga: Mosaik Hagia Sophia Akan Ditutup ketika Waktu Sholat 

Hagia Sophia. (Foto: Istimewa)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini