Sholat Jumat Digelar di Hagia Sophia, Artis Tanah Air Turut Gembira

Sabtu 25 Juli 2020 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 25 614 2251891 sholat-jumat-digelar-di-hagia-sophia-artis-tanah-air-turut-gembira-v1Vwx8tXIn.jpg Hagia Sophia. (Foto: Unsplash)

BANGUNAN bersejarah Hagia Sophia di Kota Istanbul, Turki, telah resmi kembali difungsikan menjadi masjid. Sebelumnya selama 86 tahun, tepatnya sejak 1934, gedung ikonik tersebut diubah menjadi museum oleh pendiri Turki modern Mustafa Kemal Ataturk.

Hagia Sophia pun kembali menggelar Sholat Jumat pada 24 Juli kemarin. Sholat Jumat perdana tersebut dilaksanakan terbuka untuk laki-laki dan perempuan.

Baca juga: Hagia Sophia Kembali Jadi Masjid, 5 Artis Ini Rindu Berkunjung 

Hagia Sophia. (Foto: Unsplash)

Jamaah Sholat Jumat tumpah ruah di sekitar Hagia Sophia. Bahkan, ada juga yang dari sejak Kamis malam sudah menggelar sajadah di luar pagar pembatas kompleks bangunan kuno tersebut.

Bukan hanya sebagian besar masyarakat Turki turut menyamut gembira kembalinya Hagia Sophia menjadi masjid. Sebagian masyarakat Indonesia juga menyatakan sangat senang, bahkan di antaranya terdapat dari kalangan selebritas.

Sejumlah artis itu pun menuangkan ucapan selamat dan kegembiraannya melalui akun media sosial masing-masing.

Baca juga: Sholat Jumat di Hagia Sophia Membeludak, Jamaah Antre Sejak Subuh 

Arie Untung bersama istri di Hagia Sophia. (Foto: Instagram @ariekuntung)

"Jumat mubarak. Hari ini bersejarah bagi saudara2 kita di Turky bisa melaksanakan Sholat Jumat kembali setelah 86 tahun di Aya Sofia Camii," tulis Arie Untung melalui akun Instagram-nya @ariekuntung, dikutip dari Sindonews, Sabtu (25/7/2020).

"Bukan tempatnya yg spesial, karena nubuah Rasulullah-lah yg membuat tempat ini menjadi perhatian. Tanpanya mungkin hanya bangunan tua yg ngga terlalu diinginkan. Ikut senang dengan saudara2 kita yg mulai menyemut di sekitar lokasi. Kalo aku? Lagi dideketin sama semuut. Abis eyke maniiis siiih," lanjut mantan VJ MTV dan aktor 44 tahun ini.

Di saat bersamaan, aktor Dimas Seto juga tidak ketinggalan menyampaikan ucapan selamat kepada masyarakat Turki yang akan menjalankan Sholat Jumat perdana di Aya Sofya.

"Selamat menjalankan ibadah Sholat Jumat, saudara2 di belahan dunia, termasuk saudara2 kita di Turki yg akan menjalankan ibadah sekitar jam 16.00 WIB," ungkap Dimas Seto dalam unggahannya melalui akun Instagram @dimasseto_1.

Dimas Seto dan Dhini Aminarti di Hagia Sophia. (Foto: Instagram @dimasseto_1)

Sementara aktor Teuku Wisnu melalui akun Instagram @teukuwisnu meunggah foto dirinya ketika berkunjung ke Hagia Sophia. "Bismillah. Kenangan ketika di Turki," tulisnya dengan singkat.

Baca juga: Allahuakbar Menggema ketika Sholat Jumat di Hagia Sophia Setelah 86 Tahun 

euku Wisnu di Hagia Sophia. (Foto: Instagram @teukuwisnu)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini