Rayakan Idul Adha, Perhatikan Hal-Hal Ini agar Terhindar dari Corona

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 614 2254446 rayakan-idul-adha-perhatikan-hal-hal-ini-agar-terhindar-dari-corona-jRYS3AriX0.jpg Lulu Elhasbu mengenakan masker (Instagram)

JURU Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengimbau kepada seluruh umat Islam agar tetap menjaga diri dan patuh terhadap protokol kesehatan saat merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, mengingat masih dalam masa pandemi virus corona.

“Khususnya dalam rangka menyambut perayaan Idul Adha mohon para masyarakat, dapat mengakses kondisi daerahnya masing-masing sesuai dengan zonasi risiko peningkatan, khususnya di portal tersebut yang menjadi bahan informasi dalam rangka kita berperilaku hidup besih,dan sehat. Menjalankan protokol kesehatan terutama dalam perayaan Idul Adha,” katanya dalam konferensi pers disiarkan langsung dari Gedung Graha BNPB, Jakarta, Kamis (30/7/2020).

Baca juga: Sholat Idul Adha di Masjid, Kotak Amal Dilarang Beredar dan Jangan Ada Salaman!

Wiku mengatakan, ada beberapa peraturan perundangan yang harus dipatuhi, dan terdapat kerangka hukum. Selain itu, ada tiga poin yang perlu diperhatikan, khususnya saat perayaan Idul Adha, yaitu:

1. penjualan hewan kurban

2. kegiatan pemotongan hewan dan pembagian daging kurban.

3. Penyelenggaraan sholat idul adha.

“Khususnya untuk Sholat Idul Adha saat pandemi, terutama pada pengelola masjid (pertama) pastikan menyiapkna petugas pengawas penerapan, protokol kesehatan, secara ketat,” ujarnya.

Kedua, membersihkan dan mengindifeksi area sholat. Ketiga, mengatur dan membatsai akses keluar masuk. Keempat, menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun dan handsanitizer sebelum jamaah melakukan wudhu.

Kemudian hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah memeriksa suhu tubuh jamaah di pintu masuk, membatasi jarak minimal satu meter dengan tanda khusus, mempersingkat pelaksanaan sholat dan khutbah sesuai rukun, tidak mengumpulkan amal dengan pengedaran kotak infak.

Selanjutnya imbauan untuk jamaah juga perlu diperhatikan. Jamaah yang ikut sholat dalam kondisi sehat, membawa sajadahatau alas pribadi, terus menggunakan masker, melakukan cuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer. anak-anak, lanjut usia dan orang dengan penyakit bawaan diimbau tidak mengikuti sholat berjamaah, menjaga jarak antar jamaah minimal satu meter, tidak boleh ada kontak fisik.

“Kami ingin menyampaikan imbauan agar kita betul-betul melindungi keluarga kita terutama yang usia rentan, dari ancaman Covid-19 dalam momen Idul Adha,” pungkasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini