Bagikan Daging Kurban, Ponpes Sunan Ampel Jombang Gandeng Banser dan Ansor

Senin 03 Agustus 2020 11:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 614 2255999 bagikan-daging-kurban-ponpes-sunan-ampel-jombang-gandeng-banser-dan-ansor-p5BxWOqyi2.JPG Ponpes Sunan Ampel Jombang gandeng Ansor dan Banser bagikan daging kurban ke warga (Foto: Sindonews)

PONDOK Pesantren (Ponpes) Sunan Ampel Jombang, Jawa Timur membagikan daging kurban bagi warga di wilayah Kesamben, Plandaan dan Ngusikkan. Dalam mendistribusikan daging kurban ini, Ponpes Sunan Ampel Jombang turut menggandeng Gerakan Pemuda (GP) Ansor setempat.

Ponpes Sunan Ampel tahun ini menyembelih 6 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Hewan kurban itu didapat dari jamaah pengajian Ponpes Sunan Ampel serta para alumni. Selain menyasar daerah terpencil di Kabupaten Jombang, daging kurban juga dibagikan kepada warga di sekitar pondok.

“Tahun lalu kita menggandeng MWC NU di Kecamatan Wonosalam dan Kabuh. Kali ini kita libatkan Ansor dan Banser untuk distribusi daging kurban,” kata pengasuh Ponpes Sunan Ampel KH Taufiqurrahman Muchid, melansir laman Sindonews, Senin (3/8/2018).

Abah Taufiq, demikian Kiai Taufiqurrahman karib disapa mengatakan, pendistribusian daging kurban ke sejumlah wilayah ini adalah sikap berbagi pondok untuk warga. Di momentum Idul Adha ini, tentunya dapat berbagi kebahagiaan terhadap warga Jombang.

Baca juga: Alhamdulillah Haji 2020 Selesai, Jamaah Ambil Nafar Awal

“Ke depan, mungkin bisa menggandeng banom-banom NU yang lain untuk pendistribusian daging kurban ini. Dengan demikian khidmad kepada NU dapat dilakukan. Bisa saja nanti menggandeng IPPNU atau yang lain,” ujarnya.

Dirinya berharap, Ansor dan Banser membagikan daging kurban kepada para mustahik di wilayah Kesamben, Plandaan dan Ngusikkan. Untuk wilayah tersebut mendapatkan 100 pack daging kurban. “Semoga tahun depan jumlahnya bisa bertambah dan dapat meluas jangkauannya,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang (PC) GP Ansor Jombang, Zulfikar Dawam Ikhwanto mengatakan, tahun ini GP Ansor Jombang menyambut baik Ponpes Sunan Ampel dalam pembagian daging kurban ini. Untuk itu, pembagian langsung dilakukan oleh Pengurus Anak Cabang (PAC) masing-masing kecamatan.

“Pengambilan langsung dilakukan oleh personel Ansor dan Banser masing-masing kecamatan,” kata Gus Antok, panggilan Zulfikar Dawam Ikhwanto.

Tahun ini lanjut Gus Antok, Ponpes Sunan Ampel memang menggandeng GP Ansor untuk distribusi daging kurban. Ansor sebagai benteng ulama tentunya selalu siap dan taat terhadap perintah kiai.

"Ke depan, Ansor dan Banser selalu siap untuk membantu pendistribusian daging kurban untuk pesantren-pesantren di Jombang," tegas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini