Wajib Tahu, Ini 4 Ayat Alquran Menjelaskan Betapa Pentingnya Berzikir

Yudistira, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 330 2258095 wajib-tahu-ini-4-ayat-alquran-menjelaskan-betapa-pentingnya-berzikir-vtbqSxpHKn.jpg ilustrasi (stutterstock)

BERZIKIR mengingat Allah SWT banyak sekali keutamaannya sebagaimana dijelaskan dalam Alquran dan hadist Nabi Muhammad SAW. Sudah semestinya seorang hamba senantiasa berzikir sebanyak- banyaknya untuk mensyukuri nikmat yang Allah berikan.

Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya merupakan ahli zikir, sehingga hidup mereka penuh keberkahan, kemuliaan dan kebahagiaan. Di dalam berzikir begitu banyak keberkahaan.

Baca juga:  Kunci Selamat Dunia-Akhirat, Amalkan 3 Hal Ini di Pagi Hari

Rasulullah dalam sebuah hadist menyebutkan ada tiga golongan yang doanya tidak akan ditolak doanya oleh Allah SWT. Adalah orang yang selalu berzikir, orang dianiaya atau dizalimi, dan pemimpin yang adil.

Maulana Muhammad Zakariya Al Kandhalawi dalam bukunya “Fadilah Amal” menuliskan ayat-ayat tentang keutamaan dzikir.

Ayat pertama 

Allah berfirman dalam Alquran Surah Al Baqarah ayat 153:

فَٱذْكُرُونِىٓ أَذْكُرْكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِى وَلَا تَكْفُرُونِ

Fażkurụnī ażkurkum wasykurụ lī wa lā takfurụn

Artinya: “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.”

Ayat kedua

۞ وَٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ فِىٓ أَيَّامٍ مَّعْدُودَٰتٍ ۚ فَمَن تَعَجَّلَ فِى يَوْمَيْنِ فَلَآ إِثْمَ عَلَيْهِ وَمَن تَأَخَّرَ فَلَآ إِثْمَ عَلَيْهِ ۚ لِمَنِ ٱتَّقَىٰ ۗ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّكُمْ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ

Ważkurullāha fī ayyāmim ma'dụdāt, fa man ta'ajjala fī yaumaini fa lā iṡma 'alaīh, wa man ta`akhkhara fa lā iṡma 'alaihi limanittaqā, wattaqullāha wa'lamū annakum ilaihi tuḥsyarụn

Artinya: “Dan berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah dalam beberapa hari yang berbilang. Barangsiapa yang ingin cepat berangkat (dari Mina) sesudah dua hari, maka tiada dosa baginya. Dan barangsiapa yang ingin menangguhkan (keberangkatannya dari dua hari itu), maka tidak ada dosa pula baginya, bagi orang yang bertakwa. Dan bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilah, bahwa kamu akan dikumpulkan kepada-Nya.” (Al Baqarah: 203)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ayat ketiga

جْعَل لِّىٓ ءَايَةً ۖ قَالَ ءَايَتُكَ أَلَّا تُكَلِّمَ ٱلنَّاسَ ثَلَٰثَةَ أَيَّامٍ إِلَّا رَمْزًا ۗ وَٱذْكُر رَّبَّكَ كَثِيرًا وَسَبِّحْ بِٱلْعَشِىِّ وَٱلْإِبْكَٰرِ

Qāla rabbij'al lī āyah, qāla āyatuka allā tukalliman-nāsa ṡalāṡata ayyāmin illā ramzā, ważkur rabbaka kaṡīraw wa sabbiḥ bil-'asyiyyi wal-ibkār

Artinya: “Berkata Zakariya: Berilah aku suatu tanda (bahwa isteriku telah mengandung)". Allah berfirman: "Tandanya bagimu, kamu tidak dapat berkata-kata dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari". ( Ali Imran : 41).

Ayat ke empat

أَن يَشَآءَ ٱللَّهُ ۚ وَٱذْكُر رَّبَّكَ إِذَا نَسِيتَ وَقُلْ عَسَىٰٓ أَن يَهْدِيَنِ رَبِّى لِأَقْرَبَ مِنْ هَٰذَا رَشَدًا

Illā ay yasyā`allāhu ważkur rabbaka iżā nasīta wa qul 'asā ay yahdiyani rabbī li`aqraba min hāżā rasyadā

Artinya: Kecuali (dengan menyebut): "Insya Allah". Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah: "Mudah-mudahan Tuhanku akan memberikan petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini". (QS Al Kahfi : 25).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya