Muadzin Masjid Hagia Sophia Meninggal Dunia

Yudistira, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 614 2258134 muadzin-masjid-hagia-sophia-meninggal-dunia-gIoUPRMdzP.jpg Hagia Sophia di Istanbul, Turki (Anadolu Agency)

SEORANG muadzin Masjid Hagia Sophia, Kota Istanbul, Turki meninggal dunia. Osman Aslan mengembuskan napas terakhir akibat serangan jantung, Minggu 2 3 Agustus 2020.

“Kami mendoakan semoga Allah memberi kesabaran kepada keluarga dan kerabat Masjid Uhud. Muazzin-Kayyum, yang meninggal selama layanan bimbingan sukarela di Hagia Sophia, karena serangan jantung," kata Gubernur Istanbul melalui akun Twitternya.

Mengutip laporan Radio Publik Armenia, Kamis (6/8/2020), Osman Aslan bertugas sebagai sukarelawan di Hagia Sophia sejak hari pertama bangunan itu dikonversi menjadi masjid.

Baca juga:  Sejarah Hagia Sophia dari Gereja hingga Jadi Masjid

Selain menjadi muadzin, ia juga membatu memberi tahu umat Islam tentang langkah-langkah pencegahan virus corona di dalam gedung.

Hagia Sophia dialif fungsikan menjadi masjid pada 24 Juli 2020, setelah 86 tahun berstatus museum.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menandatangani dekrit pada 10 Juli yang mengubah Hagia Sophia menjadi masjid.

Haghia Sophia dibangun pada tahun 537 Masehi sebagai Gereja Katedral pada era Kekaisaran Bizantium. Pasukan Sultan Muhammad Al Fatih kemudian menaklukkan Konstantinopel yang dikuasai Bizantium dan mengubah Hagia Sophia jadi masjid pada 1453 di bawah Dinasti atau Kekhalifahan Utsmani.

Hagia Sophia kemudian ditambah menara dan penopang untuk melestarikan bangunan, tetapi mozaik yang menunjukkan kekhasan Kristen dikurangi dan ditutup.

 

Pada tahun 1934, di bawah pemerintahan Turki sekuler, masjid tersebut diubah menjadi museum. Beberapa mozaik ditemukan, termasuk penggambaran Kristus, Perawan Maria, Yohanes Pembaptis, Justinian I, dan Zoe Porhyrogenita.

Hagia Sophia dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia di bawah UNESCO pada 1985.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini