Masya Allah, Masjid Al Falah Sragen Beri Internet Gratis untuk Belajar Online

Rabu 12 Agustus 2020 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 614 2260734 masya-allah-masjid-al-falah-sragen-beri-internet-gratis-untuk-belajar-online-9KugCEqt7p.jpg Masjid Al Falah Sragen. (Foto: Mohammad Khodiq Duhri/Solopos)

PANDEMI virus corona (covid-19) membuat para pelajar harus menimba ilmu secara daring (online) dari rumah. Namun ternyata timbul masalah baru, tidak semua pelajar memiliki akses internet. Kegiatan belajar-mengajar pun menjadi terganggu.

Terkait masalah ini, Masjid Raya Al Falah di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, menyediakan wifi internet gratis bagi para pelajar. Layanan ini disediakan mulai Senin 10 Agustus 2020. Pemasangan jaringan internet tersebut berdasarkan keluhan jamaah soal pembelajaran daring yang banyak memakan biaya.

"Dari obrolan ringan dengan jamaah, banyak sekali yang mengeluhkan besarnya biaya pembelajaran daring. Satu jam pertemuan belajar daring melalui teleconference bisa menghabiskan kuota 2 GB. Padahal, belajar daring biasa digelar mulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB," terang Direktur Masjid Raya Al Falah Sragen Annas Sayyidina, dikutip dari Solopos, Rabu (12/8/2020).

Baca juga: Celine Evangelista Dianggap Masuk Islam Usai Tulis Bismillah, Ini Syaratnya Jadi Mualaf 

Demi meringankan beban jamaah, Masjid Al Falah Sragen menyediakan jaringan internet yang bisa diakses secara gratis oleh pelajar dan mahasiswa. Layanan wifi gratis untuk mendukung pembelajaran daring.

"Untuk sementara baru ada delapan anak yang daftar. Mereka sudah dimasukkan ke grup Whatsapp. Mereka sudah diberi password supaya bisa mengakses wifi secara gratis. Wifi ini khusus kami sediakan untuk pelajar dari SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa. Untuk jamaah juga bisa mengakses wifi gratis, tapi berbeda dengan wifi untuk belajar daring," papar Annas.

Selain memberikan wifi internet gratis untuk belajar secara daring, Masjid Al Falah Sragen juga meluncurkan program bimbingan belajar khusus siswa SD. Sebanyak lima tentor disiapkan untuk mendampingi siswa belajar kelompok di kompleks masjid.

Program ini akan dimulai pada Kamis 13 Agustus 2020. Program bimbel itu rencananya dibuka setiap Selasa dan Kamis mulai pukul 16.00 hingga 17.00 WIB.

Baca juga: Heboh Awan Tsunami di Langit Aceh, Ini Penjelasan Awan dalam Alquran 

"Salah satu keluhan jamaah itu, mereka sibuk bekerja sehingga tidak sempat mendampingi anak-anak belajar di rumah. Kadang kalau dipandu orangtua sendiri, anak-anak malah merasa tidak nyaman karena sering dimarahi. Oleh sebab itu, kami membuka layanan bimbel khusus siswa SD," jelas Annas.

Masjid Al Falah Sragen sudah menghabiskan Rp1 juta per bulan untuk membuka layanan wifi internet gratis bagi pelajar. Annas memastikan pengeluaran untuk layanan wifi gratis bakal bertambah seiring dibukanya layanan khusus pelajar guna mendukung pembelajaran daring.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Muhammad Sodiq (45), salah seorang jamaah Masjid Al Falah Sragen, mengakui biaya untuk pembelian kuota internet belajar daring anaknya cukup besar. Dalam sebulan dia bisa menghabiskan ratusan ribu untuk membeli paket data.

Baca juga: Sains dan Alquran Membuktikan, Lebah Serangga Paling Istimewa 

Ilustrasi belajar online. (Foto: Istimewa)

Sebagai jamaah, Sodiq menyambut gembira Masjid Al Falah Sragen turut memberikan solusi atas masalah yang dihadapi orangtua siswa seperti dirinya.

"Coba nanti saya sampaikan kepada anak saya. Barangkali dia berminat belajar daring dengan memanfaatkan wifi gratis di masjid ini," ujar warga Desa Sidoharjo tersebut.

Baca juga: Mungkin Ini Penyebab Doa Kamu Belum Dikabulkan Allah Ta'ala 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya