Celine Evangelista Dianggap Masuk Islam Usai Tulis Bismillah, Ini Syaratnya Jadi Mualaf

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 11 Agustus 2020 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 614 2260318 celine-evangelista-dianggap-masuk-islam-usai-tulis-bismillah-ini-syaratnya-jadi-mualaf-Xa7olX9ZWU.jpg Celine Evangelista. (Foto: Instagram @celine_evangelista)

ARTIS Celine Evangelista baru-baru ini kembali menghebohkan dunia maya. Beberapa waktu lalu ia menulis kata Bismillah. Sebelumnya ia pun mengunggah foto sedang mengenakan hijab syari usai mengikuti pengajian bersama dai kondang Ustadz Riza Muhammad.

"Daun yang jatuh tak pernah membenci angin. Dia membiarkan dirinya jatuh begitu saja. Tidak melawan, mengikhlaskan semua .. -TL Bismillaaahh," tulis Celine Evangelista dalam keterangan fotonya di akun Instagram-nya @celine_evangelista belum lama ini.

Baca juga: Celine Evangelista Tulis Bismillah, Netizen Anggap Mualaf 

Warganet pun bertanya-tanya, apakah istri aktor Stefan William ini masuk Islam atau menjadi mualaf? Sebab beberapa unggahan dan caption di media sosialnya bernuansa Islami.

"Bismillah? Muslim kah," respons akun @nita_mita_.

"Masya Allah kak mengatakan kata bismillah," tulis @sabut_1717.

"Bismillah?? Ka celine Mualaf?" ungkap @deshyaa_.

Celine Evangelista. (Foto: Instagram @celine_evangelista)

Lalu apa saja sih syarat seorang non-Muslim masuk Islam atau menjadi mualaf?

Corps Dai Dompet Dhuafa Ustadz Rachmat Tullah mengatakan saat seseorang memutuskan menjadi mualaf, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat ini bukan hanya untuk memenuhi secara agama, namun juga melengkapi legalitas sebagai warga negara.

"Di Indonesia terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon mualaf yang disesuaikan dengan lembaga keislaman, baik itu masjid ataupun Islamic Center," jelasnya kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Berikut ini syarat-syarat menjadi mualaf:

1. Sudah dikhitan

Khitan merupakan kewajiban karena termasuk fitrah yang harus dijaga. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.

الْفِطْرَةُ خَمْسٌ – أَوْ خَمْسٌ مِنَ الْفِطْرَةِ – الْخِتَانُ وَالاِسْتِحْدَادُ وَتَقْلِيمُ الأَظْفَارِ وَنَتْفُ الإِبْطِ وَقَصُّ الشَّارِب

Artinya: "Fitrah itu ada lima perkara: khitan, mencukur bulu kemaluan, menggunting kuku, mencabut bulu ketiak, dan mencukur kumis." (HR Muslim nomor 257)

Baca juga: Kisah Samuel Gagal Jadi Wali Kota, Mendarat di Arab hingga Jadi Mualaf 

2. Membaca dua kalimat syahadat

Membaca dua kalimat syahadat adalah syarat yang paling utama dan menjadi gerbang bagi mualaf untuk masuk Islam. Berikut lafadznya:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Dan (aku bersaksi) bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah."

3. Mandi besar

Kemudian syarat selanjutanya yaitu mandi besar menjadi hal yang harus dilakukan oleh seorang yang masuk Islam. Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

أَتَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُرِيدُ الْإِسْلَامَ فَأَمَرَنِي أَنْ أَغْتَسِلَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ

Artinya: "Aku mendatangi Nabi Shallallahu alaihi wa sallam untuk masuk Islam. Kemudian Beliau menyuruhku untuk mandi dengan air dan daun bidara." (HR Abu Daud nomor 355. Sahih)

4. Melaksanakan rukun Islam

Melaksanakan rukun Islam menjadi kewajiban setiap Muslim, termasuk bagi mualaf. Rukun tersebut meliputi membaca dua kalimat syahadat, sholat, puasa, zakat, dan haji (haji bagi yang mampu).

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Istri Pegulat MMA Wilhelm Ott Bangga Kenakan Jilbab Setelah Jadi Mualaf 

Celine Evangelista. (Foto: Instagram @celine_evangelista) 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini