Hebatnya Khasiat Urine Unta, Bisa Sembuhkan Penyakit Edema

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 06:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 614 2261969 hebatnya-khasiat-urine-unta-bisa-sembuhkan-penyakit-edema-IbbRxmhZwv.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

UNTA jadi salah satu hewan ternak yang banyak ditemui di wilayah Timur Tengah, dan negara-negara lainnya. Namun tahukah kalian, jika air kencing unta bermanfaat dan dapat dijadikan obat edema (pembengkakan yang disebabkan oleh penumpukan cairan pada jaringan tubuh).

Penjelasan air kencing unta dapat dijadikan obat pun tertulis di dalam Alquran. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

أَفَلَا يَنظُرُونَ إِلَى ٱلْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ

(A fa lā yanẓurụna ilal-ibili kaifa khuliqat)

Artinya: "Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan," (QS. Al Ghasyiyah: 17).

أَوَلَمْ يَرَوْا أَنَّا خَلَقْنَا لَهُمْ مِمَّا عَمِلَتْ أَيْدِينَا أَنْعَامًا فَهُمْ لَهَا مَالِكُونَ () وَذَلَّلْنَاهَا لَهُمْ فَمِنْهَا رَكُوبُهُمْ وَمِنْهَا يَأْكُلُونَ () وَلَهُمْ فِيهَا مَنَافِعُ وَمَشَارِبُ أَفَلَا يَشْكُرُونَ

Artinya: “Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk merekd yaitu sebagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengcm kekuasaan Kami sendiri, lalu mercka menguasainya? Dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka; maka sebahagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebagiannya mereka makan. Dan mereka memperoleh padanya manfaat-manfaat dan minuman. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?” (QS. Yasin: 71-73).

Kemudian Ahmad ibn Hanbal berkata, Rasulullah bersabda: “Satu kaum dari Urainah datang kepada Nabi, mereka mengeluhkan penyakit demam di Kota Madinah. Maka, Nabi memerintahkan mereka untuk mencari penggembala unta. Kemudian mereka disuruh beliau untuk meminum air seni dan susu unta tersebut,” (HR. Ahmad).

Baca juga: Kenapa Nabi Muhammad Menerima Wahyu di Gua Hira Bukan di Masjidil Haram?

Dikutip dari Buku Pintar Sains dalam Alquran, karya Dr Nadiah Thayyarah, perut membesar atau mengembung adalah gejala-gejala penyakit edema. Dijelaskan dalam salah satu riwayat hadits, bahwa satu kaum dari Urainah menderita penyakit edema. Setelah mereka meminum air air seni unta dan susunya, mereka sembuh total, namun menjadi pembunuh dan penyamun yang sadis.

Akhirnya, Rasulullah pun mengutus 20 orang pasukan untuk mengejar mereka. Fenomena ini tidak akan terjadi sekiranya air seni unta hanya dapat menyembuhkan penyakit edema saja tanpa menyembuhkan penyakit lain yang menimbulkannya.

Namun dengan hadits ini sebagian orang ada yang berdalih, bahwa air seni unta itu suci. Ini adalah pendapat Imam Malik dan Ahmad serta sejumlah ulama salaf. Hal tersebut dikarenakan Nabi mengizinkan kaum Urainah meminum air seni unta, maka berdasarkan hadits ini dibolehkan meminum air seni unta dalam keadaan darurat. Sebagaimana halnya memakan bangkai bagi orang yang terpaksa.

Hadits yang dimaksud adalah sebagai berikut: Diriwayatkan dari Anas ibn Malik, bahwa satu kaum dari Urainah datang menemui Rasulullah, mereka terserang penyakit di Kota Madinah, sehingga mereka tidak suka tinggal di sana. Maka Nabi menyuruh mereka untuk mencari unta dan meminum air seni dan susunya.

Kemudian mereka pun berangkat mencari unta. Setelah mereka sembuh dari penyakitnya, mereka malah membunuh para pengembala itu dan mencuri binatang ternaknya. Nabi mendengar berita tersebut di pagi hari.

Nabi pun langsung mengirim orang untuk mengejar mereka. Pada siang hari, mereka ditangkap dan dibawa menghadap beliau. Nabi langsung memerintahkan untuk memotong tangan dan kaki mereka, dan mencolok mata mereka dengan paku. Kemudian mereka dijemur di bawah terik matahari. Mereka meminta air minum, tetapi tidak diberi. Abu Qallabah berkata, “Mereka adalah kaum yang mencuri, membunuh dan kafir setelah beriman. Mereka memerangi Allah dan RasulNya,” (HR. Bukhari).

Dalam riwayat lain, mereka berkata kepada Rasulullah: “Kami tidak suka tinggal di Madinah. Perut kami membesar dan seluruh anggota tubuh kami lemas dan gemetar,” Maka, Nabi menyuruh mereka untuk menemui para pengembala unta. Mereka juga disuruh untuk minum susu dan air seni unta itu hingga perut dan keadaan mereka membaik,".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini