Apakah Bulan Sabit dan Bintang Simbol Islam?

Salman Mardira, Jurnalis · Minggu 16 Agustus 2020 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 16 614 2262987 apakah-bulan-sabit-dan-bintang-simbol-islam-y9uFJbPfuH.jpg Ilustrasi bulan sabit dan bintang (Shutterstock)

BULAN sabit dan bintang telah digunakan sebagai ikon sejak zaman kuno. Sejarawan menemukan itu telah digunakan sejauh era Sumeria, ketika bintang itu melambangkan Ishtar atau dewi kesuburan. Secara historis itu telah menjadi ikon yang sangat populer.

Dr. Saffiyah Ali, tuan rumah program video ‘Biarkan Alquran Berbicara’ yang disiarkan About Islam seperti dikutip Okezone, Minggu (16/8/2020), menjelaskan bahwa bintang dan bulan sabit diadopsi sebagai simbol oleh Kekaisaran Ottoman atau Kesultanan Utsmaniyah.

Baca juga: Awan Tsunami di Aceh Mirip Penjelasan dalam Alquran Surah An Nur

Kekaisaran Ottoman memerintah orang-orang Muslim selama ratusan tahun. Karena itu, bintang dan bulan sabit terhubung dengan Muslim dan Islam di benak orang.

Bintang dan bulan sabit ditampilkan di bendera resmi Ottoman. Banyak negara yang terpisah dari Kekaisaran Ottoman mempertahankan simbol di benderanya, termasuk Turki.

Banyak orang Eropa melihat ini sebagai simbol Islam dan sebagian Muslim juga. Namun, simbol ini tidak disebutkan dalam literatur Alquran atau Hadits.

Baca juga: Begini Proses Turunnya Alquran hingga Sampai ke Kita

Muslim awal tidak menggunakan simbol ini sama sekali. Simbol ini tidak mewakili Islam dan berasal dari zaman sebelum Islam. Itu hanya digunakan karena pemerintahan Ottoman.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya