7 Adab Bangun Tidur Sesuai Sunah Rasul

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 23:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 616 2264776 7-adab-bangun-tidur-sesuai-sunah-rasul-AVwCBkokTd.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

Salah satu nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita adalah diberikannya waktu beristirahat dan dibangunkan kembali dalam kondisi yang baik.

Dalam Islam, sangat dianjurkan untuk melakukan segala suatu hal sesuai dengan adab disertai doa agar keberkahan senantiasa mengikuti kita. Termasuk saat bangun tidur, ada baiknya untuk melakukan 7 adab berikut sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

Pertama, yakni bangun dalam posisi duduk dan mengusap wajah dengan tangan. Ibnu Abbas berkata, “Kemudian ketika sudah masuk pertengahan malam, Rasulullah SAW bangun kemudian beliau duduk lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya.” (HR. Ahmad).

Sunnah Rasulullah SAW ini tak hanya baik dalam Islam, namun juga untuk kesehatan. “Bangun lalu berdiri dan berjalan itu bahaya. Pelajari bagaimana Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk duduk terlebih dahulu karena itu baik dan benar menurut ilmu kesehatan,” tambah Aa Gym.

Yang kedua, yakni membaca doa bangun tidur. Sebagaimana Rasulullah SAW ketika bangun tidur, beliau membaca Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur, yang artinya, “Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami, dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan.”

“Nikmat besar kita bisa bangun. Berapa banyak yang tidur dan tidak bisa bangun lagi. Bangunlah dengan rasa syukur yang paling dalam,” tambah Aa Gym.

Yang ketiga, membaca 10 ayat terakhir Surat Ali Imran. Ibnu Abbas berkata, “Beliau (Nabi Muhammad SAW) duduk lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya, kemudian beliau membaca 10 ayat terakhir dari surat Ali Imran.” (HR. Bukhari).

Keempat, yakni mencuci tangan tiga kali. Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kalian bangun tidur, maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke dalam wadah sebelum dia mencucinya 3 kali, karena dia tidak tahu dimana tangannya semalam berada.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kelima, yakni membersihkan rongga hidung. “Membersihkan rongga hidung, karena disinilah menurut Rasulullah SAW setan bisa berpangkal selama kita tidur. “ kata Aa Gym.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kalian bangun tidur maka bersihkanlah bagian dalam hidung tiga kali, karena setan bermalam di rongga hidungnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Keenam, bersiwak atau menggosok gigi. “Nabi Muhammad SAW apabila bangun malam beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak.” (HR. Bukhari dan Muslim). “Dengan siwak, kalaupun kita tidak punya siwak, tentu dengan sikat gigi dan pasta gigi yang halal.” Kata Aa Gym.

Terakhir, yakni dengan berwudhu. Dari abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Setan mengikat tengkuk kepala seseorang di antara kalian ketika sedang tidur dengan tiga ikatan, pada setiap ikatannya ia mengatakan, “malammu masih panjang, teruslah tidur.” Maka, jika orang tersebut bangun kemudian ia berdzikir kepada Allah SWT, terbukalah satu ikatan. Kemudian jika ia berwudhu, terbukalah satu ikatan lagi, dan jika ia shalat terbukalah seluruh ikatan. Sehingga ia pun bangun dalam keadaan bersemangat dan baik jiwanya. Namun jika tidak melakukan demikian, maka ia biasanya akan bangun dalam keadaan buruk jiwanya dan malas.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya