Kisah Rasulullah Diselamatkan Sarang Laba-Laba dari Kejaran Kaum Quraisy

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 20 Agustus 2020 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 614 2264928 kisah-rasulullah-diselamatkan-sarang-laba-laba-dari-kejaran-kaum-quraisy-LBUleYm0gy.JPG Sarang laba-laba (Foto: About Islam)

MUNGKIN selama ini sarang laba-laba kerap dianggap sebagai perusak, dan mengotori suatu tempat. Namun tahukah kalian, jika sarang tersebut pernah menyelamatkan Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam.

Dikutip dari laman About Islam, Kamis (20/8/2020), suatu hari Nabi Muhammad bersembunyi dari sebuah gua didampingi sahabatnya yaitu Abu Bakar Shiddiq, karena dikejar oleh sekelompok kaum kafir Quraisy.

Nabi dan sahabatnya berhasil keluar Makkah, meski sudah larut malam mereka tetap berjalan mencari perlindungan. Kemudian ditemukanlah sebuah gua. Kaum Quraisy terus memburunya, dan bahkan tak segan-segan membunuhnya.

Kemudian tiba-tiba ada seekor laba-laba di dalam gua yang ditempati Nabi dan sahabatnya itu. Serangga berkaki banyak itu pun kemudian berputar-putar, membentuk sebuah jaring. Di mana jaring tersebut biasanya dibuat sebagai perangkap mangsanya.

Baca juga: 5 Golongan Orang yang Selalu Didoakan Malaikat

Atas izin Allah Subhanahu wa Ta'ala, ternyata jaring yang dibuat laba-laba itu untuk melindungi Rasulullah dan Abu Bakar dari kejaran kaum Quraisy. Dan akhirnya mereka selamat berkat laba-laba tersebut.

Sarang laba-laba pun disebutkan dalam Alquran, Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

مَثَلُ ٱلَّذِينَ ٱتَّخَذُوا۟ مِن دُونِ ٱللَّهِ أَوْلِيَآءَ كَمَثَلِ ٱلْعَنكَبُوتِ ٱتَّخَذَتْ بَيْتًا ۖ وَإِنَّ أَوْهَنَ ٱلْبُيُوتِ لَبَيْتُ ٱلْعَنكَبُوتِ ۖ لَوْ كَانُوا۟ يَعْلَمُونَ

(Maṡalullażīnattakhażụ min dụnillāhi auliyā`a kamaṡalil-'angkabụt, ittakhażat baitā, wa inna auhanal-buyụti labaitul-'angkabụt, lau kānụ ya'lamụn).

Artinya: "Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui," (QS. Al-Ankabut: 41).

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini