Ini Kekayaan yang Akan Didapat Orang Hijrah di Jalan Allah Ta'ala

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Jum'at 21 Agustus 2020 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 21 330 2265290 ini-kekayaan-yang-akan-didapat-orang-hijrah-di-jalan-allah-ta-ala-XXXaBPxMbC.jpg Ilustrasi hijrah. (Foto: Freepik)

BERHIJRAH dimaknai sebagai kebangkitan menuju perubahan untuk hal yang lebih baik dan berkah. Dengan berhijrah, tentunya akan mendapatkan beberapa kemuliaan dari Allah Subhanahu wa ta'ala dan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.

Poses perjalanan hijrah tentunya tidak mudah. Berbagai tantangan dan godaan tentu menerpa yang seakan menjadi alat penguji keimanan. Perlu diingat bahwasanya dalam berhijrah, menuju kepada perubahan yang lebih baik, akan mendatangkan keberkahan terlebih jika dilakukan untuk Allah Azza wa jalla semata.

"Siapa pun yang berhijrah menuju kebaikan maka akan Allah jaminkan kekayaan pada dirinya tanpa harta. Hal ini tertulis dalam sebuah hadits yang isinya, 'Barang siapa yang berhijrah, meninggalkan hina dan maksiatnya dan berpindah pada kemuliaan dan ketaatan, maka Allah akan perkaya dirinya tanpa harta," ujar Habib Jamal bin Toha Ba'agil, dikutip dari akun Youtube Anwaruttaufiq, Jumat (21/8/2020).

Baca juga: Kisah Hijrah Pertama dalam Islam ketika Muslimin Berlindung di Habasyah 

Ia menjelaskan, maksud dari kaya tanpa harta ialah diberikan kekayaan hati. Hatinya dibuat tenteram. Ada orang yang hatinya tenteram tetapi bergantung dengan harta.

Namun kalau orang yang meninggalkan kemaksiatan menuju ketaatan, pertama akan diberikan kekayaan tanpa harta, kaya hatinya, lapang hatinya. Orang yang kaya hatinya akan lebih kaya daripada orang yang punya uang tetapi haus dengan kekayaan.

Tanda akan kekayaan hati adalah perasaan senantiasa bersyukur atas segala hal yang dimiliki dan segala nikmat yang Allah Subhanahu wa ta'ala berikan.

"Sebagaimana dikatakan oleh Imam Syafii: 'Apabila engkau memiliki hati yang kaya akan merasa puas dengan apa yang Allah berikan walau hanya sedikit. Maka engkau dengan orang yang punya harta banyak tidak ada bedanya'," jelas Habib Jamal.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Five Vi hingga Tere: Deretan Artis Mantap Berhijrah, Alami Banyak Ujian 

Ilustrasi hijrah. (Foto: Unsplash)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya