Five Vi hingga Tere: Deretan Artis Mantap Berhijrah, Alami Banyak Ujian

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 21 Agustus 2020 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 21 614 2265277 five-vi-hingga-tere-deretan-artis-mantap-berhijrah-alami-banyak-ujian-L55kZyGin4.jpg Five Vi memutuskan mantap berhijrah dan kini memperdalam ajaran Islam. (Foto: Instagram @five_vrachmawati)

KISAH hijrah seorang figur publik kerap menginspirasi banyak orang. Namun, perjalanan menuju kehidupan lebih baik ini memanglah tidak mudah, banyak godaan dan rintangan yang membuat mereka harus semakin tegar menghadapinya.

Bukan hanya hijrah hatinya, mereka juga mulai mengubah penampilan menjadi lebih tertutup. Misalnya memakai hijab dan meninggalkan pakaian lamanya yang memperlihatkan aurat.

Sebagaimana telah Okezone rangkum, berikut ini 5 artis perempuan Indonesia yang mantap hijrah dan berhijab hingga merasakan banyak ujian.

1. Five Vi

Presenter kenamaan satu ini sekarang sudah mantap hijrah, lho. Mulanya Five Vi selalu mengenakan pakaian terbuka dan memperlihatkan lekuk tubuhnya yang indah. Namun kini ia mulai mengubahnya menjadi lebih baik.

"Berdosa ya. Saat itu paling berat adalah dosa maksiat ke Allah. Terus sekarang lihat orang lain begitu, malu sendiri merasa dulu maksiat banget. Berdosa, bersalah, dan malu luar biasa," katanya saat ditemui di bilangan Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Inspirasi Hijrah Five Vi: Dunia Hampa, Banyak Fitnah 

Tetapi ada saja ujian yang datang kepadanya, sebab "aib" masa lalunya ada yang membongkar. Five Vi mendapatkan bullying di media sosial, yakni atas keputusannya kini hijrah dan menutup auratnya.

"Pastinya itu ada rasa malu yang luar biasa, karena kan kita dulu urat malu sebagai artis putus, enggak ada sama sekali dan saya tidak menyadari itu. Ketika saya berhijrah, ini sebuah aib yang memalukan. Kalau sampai diungkap lagi, bagi saya itu penghinaan dan kejahatan," terangnya.

Five Vi. (Foto: Instagram @five_vrachmawati)

2. Delia Septianti

Penyanyi sekaligus desainer fesyen Muslim ini sudah lama memutuskan hijrah, tepatnya sejak 2014. Ia juga mulai belajar menutup aurat dengan mengenakan hijab atau pakaian lebih syari.

"Alhamdulillah saya nyaman sekali pakai hijab. Tapi yang namanya baru belajar, kalau saya pribadi, enggak pakai hijab syari. Ya yang seperti ini saja, masih belajar kan. Tapi banyak kalau hijab syari yang bagus-bagus, nyaman dan cocok ketika dikenakan," ujar Delia kepada Okezone di Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mantap Hijrah, Five Vi Hindari Adanya Dosa Jariah 

Mantan vokalis band Ecoutez ini juga menceritakan setelah berhijab semakin banyak rezeki yang diterima. Di antaranya menjadi penyanyi solo di beberapa acara hingga bisnis hijabnya yang banyak disukai Muslimah di Indonesia.

"Awal saya hijrah sih sebenarnya saya tolak semua tawaran nyanyi, sekitar dua sampai tiga tahun saya tolak. Teman-teman yang lain mengira saya benar-benar off. Tapi alhamdulillah, niatnya karena Allah sampai sekarang ada saja rezekinya walau sempat nolak rezeki karena ingin tenang dulu, belajar agama lebih dalam lagi," tuturnya.

Delia Septianti. (Foto: Instagram @deliaseptianti)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Fenita Arie

Fenita Arie memutuskan hijrah dan mengenakan hijab pada Januari 2019. Dia mengaku hijrah ini dilakukan karena termotivasi sang suami yang sudah melakukannya terlebih dahulu.

"Ya, intinya aku sebisa mungkin mengenakan pakaian yang membuat aku percaya diri. Sebab, menurut aku itu adalah kunci untuk kita bisa terlihat cantik," terangnya.

Baca juga: Tahun Baru Islam 1442H Jadi Momen Penting untuk Hijrah 

Fenita juga sempat mengalami kejadian yang tidak mengenakan, yaitu saat air panas dari teko tumpah ke pahanya ketika ingin membuatkan kopi untuk sang suami. Ia pun harus dilarikan ke rumah sakit.

Sejak itu ia merasa ini adalah teguran dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Fenita mengatakan bahwa air panas di dunia saja sudah sedemikian panas, apalagi di akhirat. Kejadian ini akhirnya memantapkannya untuk benar-benar berhijrah.

Fenita Arie. (Foto: Instagram @fenitaarie)

4. Tere

Perjalan hijrah Tere menjadi mualaf cukup berliku. Ia menegaskan bahwa proses dirinya menjadi mualaf bukan karena paksaan, melainkan panggilan hati karena meyakini Islam-lah satu-satunya agama yang benar dan diridhai oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Perjalanan hijrah saya sebenarnya bisa dibilang berliku, karena sekali memang benar tidak ada paksaan dalam memeluk agama Islam. Dan sesungguhnya agama yang diridhai di jalan Allah itu Islam, sudah disempurnakan agama ini untuk kita jalani sebagai bekal ke akhirat," ujar Tere dalam bincang-bincang dengan Fenita Arie di akun Youtube Cerita Untungs, seperti dikutip Okezone, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tahun Baru Islam, Momentum Hijrah dari Wabah Corona 

Kemudian suatu hari Tere mendapatkan petunjuk dari Allah Subhanahu wa ta'ala yaitu berupa mimpi. Di dalam mimpinya itu ia dihampiri oleh sebuah cahaya yang menanyakan: "Siapa Tuhanmu dan siapa Nabimu?"

"Sampai akhirnya dapat kode keras. Kode kerasnya adalah dikasih mimpi. Mimpinya waktu itu terbujur kaku dalam gelap, dan ditanya sebuah cahaya. Cahayanya itu nanya, 'Siapa Tuhanmu? Siapa Nabimu?' Alhamdulillah, Allah kasih saya bangun, bangunnya juga sudah keringet dingin," ucap Tere.

Tere. (Foto: Instagram @teretorial)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya