Masjid Agung Mirip Grand Mosque Dibangun Akhir Agustus di Solo

Sabtu 22 Agustus 2020 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 22 614 2265896 masjid-agung-mirip-grand-mosque-dibangun-akhir-agustus-di-solo-HGnlTN2lvY.jpg Masjid Syekh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. (Foto: Unsplash)

KOTA Solo akan memiliki masjid megah mirip Grand Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Pembangunan masjid agung itu dilakukan di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Pembangunan masjid agung mirip Grand Mosque tersebut akan dimulai akhir Agustus ini. Hal itu menyusul sudah diterbitkannya sertifikat lahan pembangunan masjid tersebut.

Baca juga: Pembangunan Masjid di Solo Terinspirasi Masjid Agung Abu Dhabi 

Sertifikat Tanah HP Kemenag Nomor 00051 itu diserahkan Menteri Agama Fachrul Razi di lokasi Masjid Replika Grand Mosque Mohammad bin Zayed pada Rabu 19 Agustus 2020 di Sunan Hotel, Solo.

Serah terima tersebut sekaligus Pembinaan ASN Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

"Saya sudah terima sertifikatnya dari BPN (Badan Pertanahan Nasional) sehingga pembangunannya segera dimulai. Akhir bulan ini," ujar Menag kepada wartawan, dikutip dari Solopos, Sabtu (22/8/2020).

Menteri Agama Fachrul Razi di Kota Solo. (Foto: Akhmad Ludiyanto/Solopos)

Menag mengatakan pihak pemberi hibah pembangunan masjid agung di Gilingan, Solo, ini sangat menunggu-nunggu. Mereka siap untuk segera membangun masjid tersebut.

"Mereka tidak mau membangun kalau belum ada sertifikatnya," lanjut Menag.

Baca juga: Kemenag Terima Lahan Pembangunan Replika The Sheikh Zayed Grand Mosque UEA 

Ia menambahkan bahwa pembangunan masjid agung yang ditarget selesai dalam dua tahun tersebut didanai sepenuhnya oleh UEA.

"Dana pembangunan masjid itu semuanya ditangani UEA. Masjid itu untuk memperkuat toleransi kita. UEA ingin bekerja sama dengan Indonesia. Mudah-mudahan semua berjalan lancar dan dengan pembangunan ini situasi saat ini lebih baik," imbuh Menag.

Selain dibangun masjid yang desainnya mirip Grand Mosque di Abu Dhabi, di kompleks eks Depo Pertamina, Gilingan, Solo, tersebut juga akan dibangun Islamic Center.

"Nanti juga akan dibangun Islamic Center. Islam yang rahmatan lil alamin (rahmat untuk seluruh alam)," ungkap Menag.

Selain menyerahkan sertifikat lahan, Menag Fachrul Razi juga melakukan peninjauan lokasi bersama jajarannya.

Baca juga: Indonesia dan UEA Bangun Masjid dan Pusat Pengarusutamaan Moderasi di Solo 

Masjid Syekh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. (Foto: Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini