Selain Menghapus Dosa Setahun, Ini Fadhilah Luar Biasa Puasa Asyura

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 29 Agustus 2020 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 29 330 2269404 selain-menghapus-dosa-setahun-ini-fadhilah-luar-biasa-puasa-asyura-Tp2hdUppSp.jpg Ilustrasi mengajari anak (Foto Thought Co)

PUASA sunah Asyura merupakan amalan yang dianjurkan bagi umat Islam pada 10 Muharram. Banyak sekali keutamaan dan pahalanya juga besar. Selain menghapuskan dosa sehatun, Puasa Asyura ternyata bisa membuka pintu surga bagi yang mengerjakannya.

Baca juga:  Puasa Asyura Penebus Dosa 

Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda:

إن في الجنة بابًا يقال له: الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد

Artinya: "Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Di katakan : Manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi." (HR Bukhari dan Muslim).

"Puasa tiga hari setiap bulan juga memiliki pahala yang besar. Puasa yang dimaksud adalah puasa Senin Kamis, puasa Ayyamul Bidh, puasa Asyura dan puasa sunnah lainnya," ujar Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Hadist di atas pun sangat jelas menerangkan, bahwasannya bagi muslim yang melaksanakan puasa sunnah Asyura, maka jaminannya adalah pintu surga.

Baca juga:  15 Peristiwa Besar yang Terjadi di Hari Asyura 10 Muharram

Selain itu memperbanyak berdoa, agar pahala dan berkahnya semakin melimpah. ibnu Abbas radhiyallahu ’anhuma berkata bahwa:

“Ketika Rasullullah Shalallahu alaihi wassalam melakukan puasa hari Asyura dan memerintahkan kaum muslimin untuk melakukannya, pada saat itu ada yang berkata: “Wahai Rasulullah, hari ini adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashrani.”

 

Lantas Rasulullah SAW bersabda: “Apabila tiba tahun depan Insya Allah kita akan berpuasa pula pada hari kesembilan.” Ibnu Abbas mengatakan: “Belum sampai tahun depan, Rasulullah SAW sudah keburu meninggal dunia.” (HR. Muslim: 1916).

Puasa Asyura fadhilahnya juga bisa menghapus dosa setahun. Sebagaimana disebutkan dalam hadist dari Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ، أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

“Puasa hari Asyura, aku mengharap kepada Allah, puasa ini menghapuskan (dosa) setahun yang telah lewat”. (HR. Muslim : 1162).

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini