Puasa Asyura, Jangan Lupa Baca Doa Ini saat Berbuka

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 29 Agustus 2020 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 29 618 2269399 puasa-asyura-jangan-lupa-baca-doa-ini-saat-berbuka-jLuqmrSjsK.jpg ilustrasi (stutterstock)

PADA hari ke-10 Muharram, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunah Asyura. Ini merupakan amalan Rasulullah. Fadhilah dari puasa ini adalah akan dihapuskan dosa selama setahun lalu.

Puasa Asyura dikerjakan sama seperti puasa pada umumnya yakni menahan diri dari makan, minum dan segala hal yang membatalkannya, sejak dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Baca juga:  Dalil-Dalil Keutamaan Puasa Asyura

Saat berbuka, dianjurkan juga berdoa, karena doa yang dipanjatkan saat berbuka puasa sangat ijabah.

Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur, Ustadz Asroni Al Paroya mengatakan, doa berbuka puasa umumnya sama saja. Baik puasa, wajib, sunah atau qadha.

"Sama saja kalau doa berpuasa," katanya saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

 Baca juga: Puasa Asyura Penebus Dosa 

Berikut ini adalah doa berbuka puasa baik yang wajib, sunah, wajib atau qadha:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya: "Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."

 

Lalu, apa itu puasa Asyura? Ibnu Abbas radhiyallahu ’anhuma berkata bahwa:

“Ketika Rasullullah Shalallahu alaihi wassalam melakukan puasa hari Asyura dan memerintahkan kaum muslimin untuk melakukannya, pada saat itu ada yang berkata: “Wahai Rasulullah, hari ini adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashrani.” Lantas Rasulullah SAW bersabda: “Apabila tiba tahun depan Insya Allah kita akan berpuasa pula pada hari kesembilan.” Ibnu Abbas mengatakan: “Belum sampai tahun depan, Rasulullah SAW sudah keburu meninggal dunia.” (HR. Muslim: 1916).

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini