Viral Pria Nikahi 2 Wanita Cantik Sekaligus, Bolehkah dalam Islam?

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Senin 30 November 2020 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 614 2318948 viral-pria-nikahi-2-wanita-cantik-sekaligus-bolehkah-dalam-islam-hMGGwWm5j0.jpg Seorang pria Bangkalan menikahi dua perempuan sekaligus.(Foto: Tangkapan Layar)

BANGKALAN - Warganet dihebohkan dengan adanya video viral Seorang pria Bangkalan menikahi dua wanita cantik sekaligus.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @undercover.id terlihat jelas seorang pria yang dikabarkan adalah warga Kabupaten Bangkalan tengah menggandeng dua wanita cantik yang sudah sah menjadi istrinya. Hingga kini video itu telah ditonton lebih dari 116 ribu kali.

Baca Juga: Tugas Ayah kepada Anak Gadisnya Tak Hanya Pendidikan, Juga Carikan Jodoh Soleh

Pria yang bernama Ra Karror itu tampak gagah menggunakan jas berwarna hitam melapisi kemeja putih, lengkap dengan untaian kalung bunga melati serta peci hitam dan kain sarung.

Sementara di sisi kanan dan kirinya, terlihat dua istrinya yang tampil cantik dengan balutan gaun pengantin serta kerudung putih sembari memegang bunga.

“Pria Bangkalan menikahi 2 perempuan cantik. Dari penelusuran diperoleh keterangan bahwa pernikahan kedua Ra Karror merupakan inisiatif sendiri dari istri pertama, Neng Aan,” tulis akun Instagram @undercover.id dikutip pada Senin (30/11/2020).

Baca Juga: Sering Bertengkar dengan Pasangan? Begini Caranya Menghindarinya

Dijelaskan bahwa, pesta pernikahan Ra Karror yang baru baru saja viral itu ternyata bukanlah pernikahan dengan dua wanita sekaligus, namun pernikahannya yang kedua kalinya.

Dalam pesta tersebut, Ra Karror sengaja mengikutsertakan istri pertamanya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ra Karror menikah lagi ditemani istri pertamanya, Neng Aan. Dikabarkan bahwa pernikahan kedua Ra Karror merupakan inisiatif sendiri Neng Aan. Di mana Neng Aan sengaja meminta suaminya menikah kembali dengan alasan pernikahan mereka belum menghasilkan keturunan.

“Demi melanjutkan estafet generasi penerus pondok pesantren yang diasuh Ra Karror, Neng Aan menyarankan sang suami untuk menikah lagi,” tulis @undercover.id.

Baca Juga: Viral Video CCTV Penjambretan, Pengemis Tua Menangis: Uang Itu untuk Membeli Kain Kafanku

Diketahui, Ra Karror ternyata merupakan cicit generasi keempat dari Syaikhona Kholil atau Syekh Kholil, yang merupakan seorang ulama kharismatik dari Pulau Madura.

Ra Karror memiliki nama lengkap RKH. Karror Abdullah Schal.

Ra Karror adalah salah satu putra almarhum KHR Abdullah Aschal dengan istrinya almarhumah Nyai Hj Sumtin Abdullah. Dia dikenal sebagai pimpinan Jam’iyah Sholawat Shollu Community.

Beliau juga menjadi salah satu pengasuh Ponpes Syaichona Moh. Cholil Demangan di Bangkalan.

Dalam pencarian calon istri keduanya, Ra Karror akhirnya menemukan sosok Nyai Hj Faroh yang kini menjadi istri mudanya. Nyai Hj Faroh merupakan putri Nyai Marok, salah satu pengasuh pondok pesantren di Bangkalan.

Pernikahan Poligami

Pada Juli 2020, warganet juga pernah dihebohkan dengan pernikahan Saeful Bahri. Namun beda Saeful beda pula Ra Karror.

Jika Ra Karror menikahkan kembali istri pertamanya, sementara Saeful menikahi dua perempuan sekaligus dengan mahar Rp7,5 juta.

Laki-laki asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menghalal dua pujaan hatinya Hairani dan Mustiawati. Akad pernikahan poligami tersebut berlangsung dalam waktu bersamaan pada Sabtu 20 Juni 2020 di Dusun Bakong Dasan, Desa Lembar, Lombok Barat.

Lalu, bagaimana hukum dalam Islam mengenai pernikahan dua wanita sekaligus?

Baca Juga: Di Balik Kisah Nabi Adam, Ada 2 Permintaan Iblis Menjadi Ujian Manusia

Sekretaris Lembaga Dakwah Khusus PP Muhammadiyah Ustadz Faozan Amar sempat mengomentari mengenai pernikahan dua wanita sekaligus. Dia menuturkan, menikahi dua perempuan sekaligus dibolehkan atau mubah dalam Islam, dan hukumnya sah.

"Menikahi dua perempuan sekaligus adalah sah," katanya saat dihubungi Okezone, Rabu (24/6/2020).

Ustadz Faozan mengatakan, adapun beberapa syarat sah nikah menurut syariat Islam. Sekalipun meminang dua perempuan sekaligus, yaitu:

1. Calon mempelai pria dan perempuan

 2. Adanya wali bagi perempuan

 3. Adanya 2 orang saksi

 4. Adanya Mahar

 5. Ijab dan qabul

 "Selama memenuhi syarat rukunnya pernikahan, maka sah nikahnya," ucapnya.

 Banjir Komen Netizen

 Sontak saja ramai netizen yang mengomentari unggahan video viral tersebut.

 “Wah dapet yang cantik lagi,” tulis akun instagram @faayyyyy5.

 "Menang banyak ini mah,” tulis akun @devalhaz.

 “Istrinya cakep-cakep bener ya,” tulis akun @imam0416.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya