Poligami, Bagaimana Hukumnya Menempatkan Kedua Istri dalam Satu Kamar?

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Sabtu 19 Juni 2021 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 330 2427702 poligami-bagaimana-hukumnya-menempati-kedua-istri-dalam-satu-kamar-OP2krD4zsj.jpg Poligami. (Foto: Freepik)

SUAMI yang poligami bolehkan menempatkan istri-istrinya dalam satu kamar rumah yang sama. Apakah istri tua dan istri muda tidak akan cemburu dan menampakkan sikap ketidaksukaan? 

Syaikh Dr. Abdullah As Sulmi menjelaskan bahwa Hukum asalnya, menempatkan dua istri dalam satu rumah tidak mengapa, namun menempatkan dua istri dalam satu kamar maka itulah yang terlarang.

Namun jika istrinya mempersyaratkan kepada suaminya agar tidak ditempatkan bersama istri yang lainnya, maka tidak boleh menempatkan di rumah yang sama.

Jika istri tidak mempersyaratkan demikian, maka perlu melihat kepada ‘urf (adat kebiasaan setempat). Jika ‘urf menilai tidak mengapa seorang wanita tinggal bersama madunya, maka ketika itu tidak mengapa. Namun jika ‘urf menilai hal tersebut tidak baik, namun masing-masing istri harus ditempatkan di rumah tersendiri, maka tidak boleh sang suami menyelisihi ‘urf tersebut.

Baca Juga: 5 Larangan Keras Saat Hubungan Intim Suami Istri

Karena akad dibangun di atas syarat dan ‘urf. Kaidah mengatakan: 

المعروف عرفا كالمشروط شرطا

“Perkara yang ditetapkan oleh ‘urf sebagaimana perkara yang ditetapkan dengan syarat”

Ustaz Yulian Purnama menjelaskan, jadi kesimpulannya, pertama, jika seorang istri mempersyaratkan agar tidak ditempatkan bersama istrinya maka wajib memenuhi syarat ini. Berdasarkan sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam dalam hadits Uqbah bin Amir: 

Baca Juga: Hubungan Intim Suami Istri di Kamar Mandi Bolehkah?

أَحَقُّ الشُّرُوطِ أَنْ تُوفُوا به ما اسْتَحْلَلْتُمْ به الفُرُوجَ

“Syarat-syarat yang paling berhak untuk kalian penuhi adalah syarat-syarat yang menghalalkan farji (yaitu dalam pernikahan)” (HR. Bukhari – Muslim).

Kedua, jika ada ‘urf yang berlaku di daerahnya, seperti misalnya kita di Saudi Arabia pada zaman ini, jika seseorang menikah maka ia harus menempatkan istrinya di rumah tersendiri. Ini sudah menjadi ‘urf yang berlaku di sini. Maka ‘urf ini menjadi selevel dengan syarat. Kaidah mengatakan: 

المعروف عرفا كالمشروط شرطا

“Perkara yang ditetapkan oleh ‘urf sebagaimana perkara yang ditetapkan dengan syarat”

"Lalu jika ia menikah lagi untuk yang kedua maka ia harus menyediakan rumah tersendiri baginya. Dan jika ia ingin menempatkan dua istrinya dalam satu rumah maka wajib untuk meminta izin dari keduanya," ujarnya sebagaimana melansir laman Muslim or id.

Wallahu a’lam”.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya