Bahaya Pacaran Ternyata Sudah Diperingatkan di Al-Quran

Khairunnisa Nanda Zahra, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 330 2320726 bahaya-pacaran-ternyata-sudah-diperingatkan-di-al-quran-Pe51ZOKiq8.jpg Apapun alasannya, Islam melarang berpacaran. (Foto: Okezone/Twitter)

JAKARTA – Sebagian orang menganggap pacaran membuat hubungan terasa indah. Namun bagi umat Islam hal tersebut bertolak belakang.

Menjalani hubungan pacaran antar lawan jenis dianggap sekelompok orang menjadi sebuah kebahagiaan. Dalam praktiknya, pacaran menjadi sarana antar lawan jenis melakukan hal-hal yang dilarang dalam Islam.

Baca Juga: Ingin Dimuliakan di Akhirat? Caranya Terimalah Tamu dengan Baik

Islam mengharamkan laki-laki dan perempuan yang bukan muhrimnya "berdekatan" karena dapat merugi satu sama lain dan berdosa. Kemesraan yang tidak menutup kemungkinan menuju ke arah zina.

Firman Allah Subhanahu wa ta'ala (SWT) dalam QS. Al-Isra ayat 32 “Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.”

Baca Juga: Tetaplah Berprasangka Baik Meskipun Sedang Sedih Tertimpa Musibah

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) telah bersabda: “Janganlah sekali-kali antara laki-laki dan perempuan berduaan kecuali disertai oleh muhrimnya, dan seorang perempuan tidak boleh bepergian kecuali ditemani oleh muhrimnya.” (HR Muslim)

Dikutip dari Ustaz Syafiq Riza Basalamah, MA melalui Channel Youtube Yufid TV pada Kamis (3/12/2020) menyebutkan “Jangan mendekati zina. Pacaran ini adalah sarana berzina. Seorang laki-laki bersama perempuan yang bukan muhrimnya berduaan, yang ketiganya adalah setan.”

Kuatnya dalil tentang larangan pacaran bagi umat Islam, menjadi acuan untuk menjauhi larangan-Nya. Bagi syariat Islam, banyak godaan yang akan didapat dari perbuatan zina melalui berpacaran. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini